Siap Menuju Korea, Disnaker Kirim 10 Orang Warga Kobi Ikut Pelatihan di Balai Latihan Lotim

 

Sepuluh orang warga kobi saat dilepas untuk mengikuti Pelatihan di Balai Latihan Tenaga Kerja Lombok Timur.




Kota Bima, Garda Asakota.- 



Sebanyak 10 orang warga Kota Bima yang telah melewati proses seleksi administrasi dan lainnya, Selasa (23/8) pagi ini, berangkat menuju Balai Pelatihan NTB di Lombok Timur, guna mengikuti pelatihan bahasa Korea dan sejumlah pelatihan lainnya.



Hal ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja dengan keahlian dan keterampilan yang mumpuni, menuju negara maju Korea Selatan. Ke 10 orang itu, dilepas secara resmi Kepala Disnaker Kota Bima,  Ir. H Tafsir di halaman Kantor Disnaker Kota Bima.



Kepada wartawan H Tafsir menyampaikan, pengiriman 10 tenaga kerja untuk dilatih di Balai Pelatihan Lombok Timur itu, sesuai permintaan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) UPT Mataram.


Kota Bima yang memang telah memiliki MoU dengan BP2MI tersebut, jelas Tafsir, langsung merespon bentuk kerjasama sama itu, dengan mengirimkan para calon tenaga kerja untuk mengikuti pelatihan.


Pelatihan ini sebutnya, sebagai langkah awal menyiapkan tenaga kerja yang terampil untuk dipekerjakan di sejumlah perusahaan di Korea Selatan.


"Pelatihan berlangsung selama dua bulan. Mereka yang telah mengikuti pelatihan inilah yang nantinya, ketika ada permintaan tenaga kerja yang akan dikirim seusia syarat dan aturan,"jelasnya.


Mereka yang dikirim mengikuti pelatihan, sambung Kepala Disnaker, mereka yang berlatarbelakang lulusan SMK dengan kriteria umur dibawah 35 tahun.


"Nanti kalau musim penerimaan tenaga kerja imigran, mereka inilah yang diprioritaskan,"pastinya.


Diujung penjelasannya, H Tafsir mengimbau dan berharap pada masyarakat Kota Bima, jika ingin bekerja di luar negeri, sebaiknya melewati prosedur resmi atau bisa berkomunikasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bima. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post