-->

Notification

×

Iklan

Kembali Kepada Kesucian

Tuesday, May 3, 2022 | Tuesday, May 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-03T01:12:33Z

 

Oleh: Ustad Drs. Muslim, M. Pdi



Suara takbir, tahlil dan tahmid menggema di angkasa, menyongsong dan menandai datangnya hari raya Idhul Fitri 1443 Hijriyah/Senin 22 Mei 2022.


Kita mengagungkan kebesaran dan kemahakuasaan Allah Swt, bahwa Allah Swt adalah dzat yang maha kuasa, dzat yang maha besar, bahwa yang lain itu kecil dihadapan Allah Swt " La Haula wala kuwwata illa billahil aliyil adzhim".


Sebulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Do'a kita tentunya semoga Allah Swt menerima amal ibadah kita semua, dan semoga kita semua dipertemukan lagi dengan bulan suci Ramadhan tahun depan.


Ramadhan telah mendidik kita untuk menjadi hamba Allah yang tidak hanya senantiasa merasa dekat dengan Allah Swt atau Hablum Minallah,  Tetapi juga Ramadhan mendidik dan mengajarkan kita untuk memupuk hubungan silaturrahim Hablum Minannas). 

Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah Saw" Belum sempurna iman seseorang diantara kamu sebagaimana kamu mencintai diri kamu sendiri". 


Keberhasilan Ramadhan dapat dilihat setelah selesai bulan suci Ramadhan, apakah ada peningkatan kualitas ibadah ataukah justru mengalami penurunan. 



Kalau ada peningkatan kwalitas ibadah nya berarti ibadah Ramadhan nya sukses, tetapi jika mengalami penurunan kwalitas ibadah berarti ibadah Ramadhan nya gagal. Itulah sebabnya bulan setelah Ramadhan adalah bulan Syawal yang artinya peningkatan atau kemajuan. 


Hasil akhir dari terpaan Ramadhan tahun ini, harus bisa dijadikan instrospeksi dan pijakan untuk menapaki kehidupan selanjutnya, 


Membuka lembaran yang baru agar menjadi manusia yang berguna, tidak hanya untuk diri sendiri tapi bermaslahah buat orang lain. 

Akhirnya semoga Ramadhan telah mengantarkan kita kembali kepada kesucian dan kembali kepada jati diri sebagai insan Muttaqin. Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1443 H,semoga Allah menerima amal ibadah kita semua. Amin...Taqaballahu Minkum taqabbal ya karim.* 


Nata, 2 Mei 2022

×
Berita Terbaru Update