Khatamkan Al-Qur'an di Bulan Suci Ramadhan


Oleh; Ustad Drs. Muslim Bin Aly, M.Pdi



Al-Qur'an adalah kalam Allah Swt yang merupakan kitab suci bagi umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril, yang diturunkan pertama kali pada malam ke 17 di bulan suci Ramadhan. 


Di dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayah 2 Allah Swt menjelaskan bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk dan pedoman bagi umat manusia serta mendapatkan pahala bagi orang yang membacanya.


Bulan suci Ramadhan biasanya orang berlomba-lomba untuk membaca Al-Qur'an baik secara individu maupun secara kelompok, begitu juga dengan majelis-majelis Ta'lim. Mereka berlomba untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an, karena mereka tau begitu banyak pahalanya, bahkan tidak sedikit yang mempunyai target untuk menghatam Al-Qur'an selama bulan suci Ramadhan. 


Mengapa begitu pentingnya menghatamkan Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan? 



Rasulullah Saw setiap bulan suci Ramadhan beliau bertadarrus bersama Malaikat Jibril sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. Rasulullah Saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan suci Ramadhan, ketika malaikat Jibril alaihissalam menemuinya dan mendatanginya setiap malam di bulan suci Ramadhan, dimana Jibril mengajarkan Al-Qur'an kepadanya. Sungguh Rasulullah Saw lebih lembut dari pada angin yang berhembus. 


Hadits di atas menunjukkan keutamaan membaca Al-Qur'an di dalam bulan suci Ramadhan, sehingga para sahabat berlomba-lomba menyibukkan dirinya dengan membaca Al-Qur'an, mempelajari dan merenungi isi kandungannya, kemudian berusaha untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.



Banyak sekali keutamaan dan kebaikan membaca serta menghatamkan Al-Qur'an, seperti dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Saw bersabda: " Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan mempelajarinya, maka turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan Rahmat, dan akan dinaungi oleh para Malaikat, dan Allah pun akan menyebut ( memuji) mereka dihadapan makhluk yang ada di dekat nya . ( HR. Muslim 2691 ).



Adapun pahala kebaikan dari membaca Al-Qur'an sangat banyak. Dan jika ingin menghitung kebaikan dari membaca Al-Qur'an niscaya tidak akan mungkin menghitungnya karena saking banyak pahalanya. Didalam sebuah hadits dijelaskan bahwa pahala membaca Al-Qur'an dihitung atas setiap hurufnya.


Abdullah bin Mas'ud berkata, Rasulullah Saw bersabda " Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an , maka baginya satu pahala kebaikan dan satu pahala kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali, aku tidak mengatakan ALIF LAM MIM Itu satu huruf, akan tetapi ALIF satu huruf, LAM satu huruf dan MIM satu huruf". ( HR Tirmidzi 2910).


Ketika bulan suci Ramadhan tiba maka Allah Swt akan melipatgandakan pahala kebaikan hingga 700 kali lipat, sebagaimana dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah Saw bersabda . " Setiap amal anak adam dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan diberikan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat"  . ( HR Muslim 1151).


Demikian keutamaan dan kebaikan membaca Al-Qur'an yang begitu luar biasa dahsyat pahalanya. Semoga bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi yang ingin menghatam Al-Qur'an di bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Rahmat serta ampunan dari Allah Swt dan dibebaskan dari api neraka. 


Oleh karena itu raih kemuliaan Ramadhan dengan banyak membaca dan mempelajari serta mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an, sehingga kita akan dimuliakan oleh Al-Qur'an baik di dunia maupun di akhirat. 


Jadikan Ramadhan tahun ini adalah Ramadhan terbaik sepanjang Ramadhan yang telah kita kerjakan antara lain dengan membaca Al-Qur'an dan berlomba untuk menghatam Al-Qur'an.* Nata, 16 April 2022

Post a Comment

Previous Post Next Post