-->

Notification

×

Iklan

KM Belva Tenggelam di Perairan Sumba, Seluruh Awak Warga Bugis Sape Selamat

Saturday, January 15, 2022 | Saturday, January 15, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-16T07:16:41Z

 

Penampakan KM Belva sebelum tenggelam. Foto; Ist



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-


Kapal Motor (KM) Belva dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Sumba Provinsi NTT.  Saat tenggelam, kapal pengangkut barang ini diawaki oleh 5 orang warga Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Mereka itu yakni, M. Ali (Nakhoda) umur 57 tahun, Nuriansyah (23  tahun), Agus (20 tahun), Taufik, dan Iskandar (30 tahun).


Namun untungnya semua awak berhasil selamat setelah ditemukan oleh nelayan Bali yang melakukan penangkapan ikan di sekitar perairan Hu'u Kabupaten Dompu. 


Berdasarkan informasi yang dihimpun Garda Asakota, KM Belva, sebelumnya berangkat Kamis malam, (13/1/2022) sekitar pukul 21.00 Wita dari Pelabuhan Sape tujuan Sumba.


Bila berjalan normal, seharusnya kapal sampai di daerah tujuan Sumba pada keesokan harinya Jumat pagi (14/1/2022). 


Namun sampai sore tadi, Sabtu (15/1/2022) kapal mereka belum juga ditemukan. Tentu saja, hal ini membuat panik pihak keluarga termasuk pemilik kapal, Imam. 


Diduga kapal mulai kehilangan kontak sejak kemarin di saat kapal masih mengarungi laut lepas menuju Sumba. Hingga sore tadi, pencarian kapal barang yang diawaki 5 awak itu masih terus dilakukan. 


Namun berdasarkan informasi terkini yang diterima Garda Asakota, semua awak kapal warga Desa Bugis Kecamatan Sape itu sudah diselamatkan oleh kapal nelayan dari Bali. Sedangkan kapal mereka tenggelam setelah dihantam kerasnya gelombang. 


Untung saja mereka berupaya menyelamatkan diri pakai gabus/raki, setelah dua hari mereka di atas gabus. Mereka akhirnya ditemukan di perairan Hu'u oleh Nelayan asal Bali. "Kemudian oleh nelayan Bali, mereka langsung di evakuasi dan dibawa ke pulau Bali," ungkap warga Desa Bugis, Burhanuddin. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update