-->

Notification

×

Iklan

Cegah DBD, Warga Kota Bima Diminta Terapkan Pola PHBS

Thursday, January 13, 2022 | Thursday, January 13, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-13T06:05:11Z

 

Ahmad, S. Sos




Kota Bima, Garda Asakota.-


Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) penting dilakukan sebagai langkah pencegahan kasus demam berdarah dangue (DBD).


"PHBS menjadi senjata mematikan untuk berantas nyamuk DBD yang saban tahun terus menjangkiti warga seperti halnya yang dialami 7 warga Kota Bima pada awal tahun ini," terang Sekertaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Ahmad, S.Sos kepada Garda Asakota di ruang kerjanya Kamis (13/01/2022).


Ketujuh warga tersebut semuanya anak anak yaitu 5 warga lingkungan Sarata Kelurahan Dara, dan 2 warga lingkungan Kampung Sumbawa Kelurahan Tanjung. Semuanya sudah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh.


Menurutnya, percuma saja dilakukan foggingnisasi atau abatenisasi kalau kesadaran warga masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat tidak dilakukan.


Justru kata Ahmad, terlalu sering dilakukan fogging atau pemberian abate malah nyamuk DBD-nya makin kebal dan berkembang biak lebih banyak lagi karenanya PHBS dengan 3 M plus itu jauh lebih berpengaruh bagi keberlangsungan hidup jentik jentik nyamuk berbahaya ini.


Fogging itu, kata dia, sifatnya sesaat tidak berpengaruh apa apa, tapi kalau budaya gotong royong minimal sekali seminggu sudah terbangun diyakininya akan berhasil mengatasi DBD ini.


"Kalau lingkungan bersih ditambah lagi fogging In shaa Allah DBD akan musnah. Semoga setelah 7 kasus tersebut tidak ada lagi tambahan kasus baru DBD di wilayah Kota Bima, jadi sekali lagi saya ingatkan bahwa yang mampu mengatasinya hanyalah menerapkan pola PHBS," katanya. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update