-->

Notification

×

Iklan

BOP untuk 20 PKBM di Kota Bima Baru Dicairkan Sebesar Rp1,06 Milyar

Saturday, January 1, 2022 | Saturday, January 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-01-01T02:09:34Z

 

A. Hafid


Kota Bima, Garda Asakota.-


Total dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PKBM tahun 2021 di Kota Bima adalah senilai  Rp2,203 milyar yang disalurkan melalui 2 tahap. 


Kabid PNF (Pendidikan Non Formal) Dikbud Kota Bima, A. Hafid menjelaskan bahwa untuk tahap pertama dana tersebut sudah terpakai sebesar Rp1,06 milyar untuk 20 PKBM, sedangkan untuk tahap kedua anggarannya belum dicairkan.


Menurutnya, besaran BOP untuk tiap lembaga tentu berbeda, parameternya dilihat dari jumlah warga belajarnya mulai dari warga belajar paket A, B, dan C. "Maksimal tertingginya sebanyak 80 warga belajar dengan nominal biaya operasional per orangnya senilai Rp1,3 juta per tahun," ungkapnya.


Karena baru 1 tahap berarti baru setengahnya diberikan senilai Rp650 ribu dikalikan dengan jumlah warga belajar yang ada demikian juga dengan paket B senilai Rp750 ribu dan Rp900 ribu untuk paket C. "Sekali lagi ini 1 tahap bukan 1 tahun," imbuhnya


Untuk tahap kedua diakuinya belum terealisasi karena pihaknya banyak menemui lembaga yang tidak bisa penuhi syarat saat dilakukan verifikasi dan validasi diantaranya adalah standar 10 minimal jumlah warga belajar tidak terpenuhi.


"Kemudian banyak juga data diri warga yang tidak ditemukan dalam sistem Dukcapil, soal ini kami kan sudah kerjasama dengan Dinas Dukcapil terkait data kependudukan. Jadi nggak bisa dimanipulasi," tegasnya.


Mengenai anggaran BOP PKBM ini, A. Hafid menambahkan bahwa Dinas bukan yang memegang uangnya, tapi anggaran BOP langsung masuk ke rekening masing masing lembaga. "Jadi tidak ada peluang kami di dinas untuk bisa selewengkan dana BOP tersebut, itu mustahil," pungkasnya. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update