-->

Notification

×

Iklan

Tidak Merata, Bantuan Kemensos untuk Korban Banjir Kota Bima Tak Berbasis Data

Monday, December 13, 2021 | Monday, December 13, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-15T11:44:45Z
Bantuan dari Kemensos saat diserahkan kepada warga terdampak banjir Kota Bima.



Kota Bima, Garda Asakota.- 


Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Sosial (Dinsos) menerima beberapa paket bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI untuk diserahkan ke warga Kota Bima yang menjadi korban banjir. Namun pembagian berpotensi tidak merata. 


Pasalnya selain penyaluran tidak berbasis data serta tidak tertera nama-nama penerimanya. Jumlah paket bantuan yang diberikan lebih sedikit dari warga atau Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak banjir. 


Seperti yang terjadi di wilayah Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota. Pemerintah Kelurahan setempat menerima jumlah paket bantuan dari Dinsos Kota Bima untuk 50 KK. Sementara jumlah warga yang terdampak banjir yang dilaporkan sebanyak 743 KK. 


"Yang di terima warga saat penyerahan secara simbolis sejumlah 10 paket bantuan sementara yang terdampak banjir ada 745 dari jumlah 1.671 KK," kata Lurah Jatiwangi, Jumardin, S.Sos, Senin (13/12).


"Sampai hari ini belum ada 50 paket sembako yang sampai di kelurahan seperti yang diisukan tersebut, kami akan coba konfirmasi kan ke Dinas Sosial kebenarannya karena informasi itu berawal dari Dinsos," timpalnya.


Ia mengaku paket bantuan tersebut dibawa dan diserahkan langsung oleh Kepala Dinsos Kota Bima. Informasinya paket bantuan tersebut berasal dari Kemensos untuk membantu warga yang terdampak banjir. 


"Kami hanya menerima saja. Biar lebih jelasnya silahkan ditanyakan ke Dinsos," katanya. 


Terpisah Kepala Dinsos Kota Bima, Drs. H. Muhidin MM, membenarkan pihaknya menyerahkan bantuan paket dari Kemensos ke warga yang terdampak banjir Kota Bima. Termasuk di Kelurahan Jatiwangi. "Ada bantuan dari Kemensos dan kita sudah serahkan tadi," katanya. 


Mengapa jumlah bantuan sedikit dari warga yang terdampak banjir ? Muhidin enggan menanggapinya. Namun Ia mengaku bantuan yang diserahkan ke pihak Kelurahan dengan jumlah bervariasi. 


"Kelurahan yang terdampak yang menerima untuk diserahkan ke warga yang terdampak banjir," katanya. 


Data yang diperoleh Suara NTB, bantuan Kemensos untuk korban banjir di Kota Bima berupa woordware, familiy kit, kids ware, pelaratan dapur keluarga, tenda gulung, kasur dan sembako dengan totalnya mencapai Rp184 juta. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update