TP PKK Gelar Edukasi tentang Makanan Berbahaya di SMPN 1 Soromandi

 

Para siswa dan siswi saat mengikuti kegiatan dukasi tentang makanan yang mengandung formalin maupun yang mengandung zat racun lainnya di SMPN 1 Soromandi, Selasa, (2/11/2021).



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-


Dalam upaya pencegahan terhadap generasi muda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat di sekolah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd bersama Badan POM Kabupaten Bima dan DP3A KB Kabupaten Bima memberikan edukasi tentang makanan yang mengandung formalin maupun yang mengandung zat racun lainnya di SMPN 1 Soromandi, Selasa, (2/11/2021).


Kegiatan sosialisasi makanan/jajanan sehat tersebut, melibatkan para guru, siswa/siswi SMPN 1 Soromandi, dihadiri oleh Staf Loka Badan POM Kabupaten Bima, Emilya Hartati dan Rusdin, Hj siti Romlah Kabid Pemberdayaan Perempuan DP3A2 KB Kabupaten Bima serta unsur Muspika Kecamatan Soromandi. 



Pose bareng Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd, bersama Tim dan Kepala SMPN1 Soromandi, Syamsudin, S. Pd. 



Hj. Rostina kepada media ini usai kegiatan menegaskan pentingnya pemerintah daerah sebagai ujung tombak untuk memberikan edukasi terhadap para generasi muda di masing-masing sekolah sehingga cerdas dalam memilih makanan yang sehat. 


"Dalam artian tidak melakukan jajanan sembarangan di kantin sekolah. Oleh karena itu, kita hadir bersama Badan POM untuk memberikan pencerahan terhadap generasi muda sehingga mereka pintar dalam memilih makanan sebelum dikonsumsi, mana makanan yang sehat, tidak mengandung zat yang berbahaya, seperti makanan yang mengandung formalin, baik di belinya di kantin sekolah maupun kios kios di luar sekolah, " terangnya. 


Dirinya berharap usai diberikan edukasi tersebut, para siswa/siswi paham dalam memilih makanan yang dimakan, sehingga generasi muda menjadi generasi yang cerdas. 


Ketua PKK Kabupaten Bima ini juga menjelaskan bahwa selain kegiatan edukasi, juga dilakukan uji sampel terhadap makanan yang ada di kantin sekolah setempat oleh Badan POM. " Untuk memastikan jajanan yang sehat, tadi juga pihak Badan POM telah memeriksa dan uji sampel terhadap beberapa jenis makanan siap saji yang ada di kantin sekolah, " katanya. 


Dirinya juga menambahkan bahwa kegiatan dengan slogan "Pangan Aman, Generasi Cerdas" tersebut  dilakukan di sepuluh Kecamatan, "Hari pertama kita sudah lakukan di salah satu sekolah yang ada di Sape dan hari ini kita lakukan di SMPN 1 Soromandi, In syaa Allah besok (Rabu, red) kita akan gelar acara yang sama di wilayah kecamatan Wera, " katanya. 


Di tempat terpisah, salah satu staf Loka Badan POM Kabupaten Bima, Emilya Hartati dalam penjelasannya pihaknya telah melakukan uji sampel terhadap beberapa jenis makanan yang di jual di Kantin, dan menurut Emilya, dari beberapa jenis makanan siap saji yang ada semuanya dalam kondisi aman, tidak ada makanan yang mengandung bahan pengawet. 


"Kita sudah lakukan uji sampel, dan alhamdulillah tidak ada makanan yang mengandung zat berbahaya ataupun bahan pengawet lainnya," imbuhnya. 


Sementara, Kepala SMPN 1 Soromandi, Syamsudin, S. Pd, memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Bima dan instansi terkait yang telah hadir di sekolahnya guna memberikan edukasi terhadap para guru, utamanya kepada seluruh murid yang ada.


"Alhamdulillah, dengan pencerahan tersebut, kami para guru bisa lebih ekstra hati-hati dalam memilih makanan yang di jual dalam sekolah maupun di luar sekolah. Intinya edukasi tadi sangat bermanfaat, terutama terhadap para murid sehingga mereka akan lebih paham dalam memilih makanan," tandasnya. (GA. Ongky*)

Post a Comment

Previous Post Next Post