-->

Notification

×

Iklan

Konflik Antar Pemuda dan Pengaruh Miras Pemicu Terjadinya Konflik Besar

Monday, September 20, 2021 | Monday, September 20, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-20T00:53:51Z

 

Suasana acara bedah buku yang berjudul Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso di Ponpes Al Madinah Kecamatan Belo, Sabtu 18 September 2021.


Bima, Garda Asakota.-


Konflik antar pemuda dan pengaruh minuman keras (Miras) menjadi salah satu penyebab terjadinya konflik besar seperti yang pernah terjadi pada waktu terjadinya konflik poso.


Demikian diungkapkan Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, usai.membedah buku yang berjudul Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso di Ponpes Al Madinah Kecamatan Belo, Sabtu 18 September 2021.


Memahami alur cerita yang disampaikan dalam buku itu, sambung Novika Chandra, menjadi penting. Sebagaimana tertulis dan dimaknai semua pihak saat bedah buku itu, bahwa lahirnya dan menjadi penyebab konflik Poso, adalah karena minuman keras dan pertengkaran para muda yang berimbas menjadi konflik antar warga agama.


“Ini menjadi catatan penting bagi kita semua, agar bisa memaknai apa yang terjadi di sekitar kita, sehingga tidak menjadi konflik dan penyebab keretakan berkepanjangan,” katanya sebagaimana dirilis Kasi Humas Polresta Bima, Iptu Jufrin.


Buku ini kata Kapolres, menjadi media interospeksi diri bagi semua. Buku ini bercerita perjalanan panjang konflik Poso hingga tercipta kedamaian bersama, salah satu tokoh penting yang menjembatani proses perdamaian itu, tidak lain Muhammad Adnan Arsal.


“Beliau tokoh penting dibalik perdamain indah Konflik puluhan tahun yang terjadi di Poso. Peran penting Muhammad Adnan Arsal, diceritakan utuh dan apik di buku yang ditulis penulis muda hebat Khairul Anam,” kata Kapolres.


Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso. Begitu judul buku karangan penulis muda Khairul Anam. Sebuah buku otobiografi berlatar belakang konflik Poso.


Buku yang tengah populis dan grafiknya best seller ini, Sabtu (18/9) di bahas dan dibedah secara apik oleh sejumlah kalangan.


Buku berjudul Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso, kali pertama dibedah di Bima NTB. Ponpes Al Madinah Bima, menjadi lokasi berkumpulnya para cendekia dan orang penting membahasnya.


Pemilik otobiografi yang diceritakan di buku itu, yakni Muhammad Adnan Arsal pun hadir, penulis muda Khairul Anam juga hadir sebagai nara sumber utamanya.


Hadir pula Ketua MUI Bima H Abdurahman Haris, Wakil dari MUI pusat. Tentu tidak ketinggilan Wakil Bupati Bima H Dahlan Muhammad Nur serta pejabat lainnya.


Bedah buku yang tengah viral itu, tidak luput dari perhatian dan dihadiri Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra, Kapolres Bima dan Dandim 1608 Bima. (**)

×
Berita Terbaru Update