KKN di Kelurahan Sambinae Mahasiswa STIE Bima Gelar Seminar Program Kerja

 



Kota Bima, Garda Asakota.-


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE Bima Kelompok VII Anggkatan XIV Tahun 2021 menyelenggarakan kegiatan seminar program kerja di Aula Kantor Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda Kota Bima, Rabu, (25/8/2021). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Lurah Sambinae, Syahrudin, SE.


Adapun tema seminar program kerja yakni Resiliensi Ekonomi dan Sosial Masyarakat dengan Memanfaatkan Sumber Daya Kelurahan Sambinae Dimasa Pandemi Covid19


Selain dihadiri oleh Lurah Sambinae dan jajaran, hadir pula saat itu Seklu, Babinsa, Bhabinkantibmas, LPM, Ketua RT, Mahasiswa STIE Bima, serta elemen lainnya.





Pada kesempatan itu, Ketua Posko Mahasiswa KKN Kelompok VII Anggkatan XIV Tahun 2021, Andri  memaparkan 3 program kerja yang akan dilaksanakan pihaknya selama KKN nantinya. Yang pertama, kata dia, program kerja inti atau wajib, kedua program kerja mingguan  dan ketiga program kerja harian.


Menurut Andri, menjadi program inti adalah pendataan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan setempat. Ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa pemilik usaha terdaftar namanya. Kemudian berkaitan dengan pengembangan produk.


“Di Kelurahan Sambinae setempat memiliki banyak wira usaha, sehingga kami harus memperhatikan mereka dengan berupaya membantu segala kendala yang dihadapinya,” ujar Andri.


Adapun beberapa produk yang akan pihaknya inovasi dan kreasikan ialah, Jajanan Saroja, Pengrajin Tenun. Kemudian di sektor pertanian ialah petani Pepaya dan Jagung. 


Untuk Kewirausahaan nanti, akan mengundang Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Perindag), Direktur Umum Perusahaan Daerah Kota Bima dan Kabupaten Bima. “Semua itu menjadi program inti yang akan dilaksanakan di Kelurahan Sambinae sebut Andri.


Adapun beberapa program kerja mingguan, yakni mengajari anak-anak PAUD, Jum’at Bersih seperti melakukan pembersihan di tiap-tiap musholla dan masjid. Selanjutnya Bakti Sosial (Baksos) observasi jamur dan jamu tradisional, dan Senam Pagi sebagai perilaku hidup sehat karena kesehatan itu cukup mahal.


“Sedangkan program kerja harian, Mengajar Ngaji dengan menyambangi Musholla, Masjid dan TPQ dalam merangkul adik-adik supaya terhindar dari keganasan Game Online dan lainnya,” jelasnya.


Gotong Royong, di masjid Al-Munnir, membantu pembagian BNT-, ikut serta dalam kegiatan survey pelaku UKM, doa bersama Posko KKN STIE Bima, Survey di Pepaya Kalifonia Pacuan Kuda, membantu pembuatan jamu di rumah warga RT.01/ ikut partisipasi dalam kegiatan menyambut 17 Agustus yang diadakan oleh PKBM Doro Londa, partisipasi dalam acara tahziah 7 Hari atas meninggalnya warga Sambinae, Donor Darah, yang diadakam oleh KRS PMI STISIP MBOJO BIMA, Uji coba prodak untuk proker (program kerja) KKN STIE Bima, dan lainnya. 


Dosen Pembimbing Mahasiswa KKN STIE Bima kelompok VII Kelurahan Sambinae, Ismunandar, MM, didampingi oleh Mulyadin, MH, kegiatan ini mengangkat Tema : Resiliensi Ekonomi dan Sosial Masyarakat dengan Memanfaatkan Sumber Daya Kelurahan Sambinae Dimasa Pandemi Covid-19.


“Kegiatan seminar program kerja ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan agar masyarakat tahu bahwa inilah yang akan dilakukan oleh mahasiswa KKN selama berada di Kelurahan Sambinae,” ucapnya.


Disampaikannya, perlu diketahui bersama bahwa Mahasiswa KKN STIE Bima sedikit berbeda dengan mahasiswa KKN kampus lainnya. Kami sangat fokus pada pengembangan produk lokal yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.


“Semoga masyarakat ikut membantu segala kegiatan positif yang dicanangkan oleh Mahasiswa KKN STIE Bima. Sehingga apa yang diharapkan terwujud nyata,” pintanya.


Pada kesempatannya, Lurah Sambinae Drs. Amirudin, SE, mengapresiasi sekaligus mendukung semua program kerja Mahasiswa KKN STIE Bima kelompok VII angkatan ke XIX tahun 2021. Hal itu karena sangat tepat dengan kondisi di Kelurahan setempat.


“Kita akan terlibat langsung untuk membantu mewujudkan program yang dipaparkan oleh Ketua Posko Mahasiswa KKN STIE Bima,” akunya.


Sementara Drs. Amirudin, SE, mengungkapkan, Pemerintah Kelurahan Sambinae, sangat berharap kepada adik-adik mahasiswa KKN karena soal ekonomi merupakan jantung dari kesejahteraan masyarakat lebih khusus masyarakat di Kelurahan Sambinae.


Selama kalian berada disini, pihaknya akan tetap membantu segala prospek adik-adik karena menyangkut kemajuan Kelurahan.

“Jangan pernah sungkan dalam mengutarakan hal apapun, kami akan terus membuka ruang untuk berdiskusi menyatakan pikiran bersama adik-adik, karena kita memiliki keinginan yang sama dan kita harus berjalan bersama,” singkat Lurah Sambinae. (GA. 212*).

Post a Comment

Previous Post Next Post