-->

Notification

×

Iklan

Wakil Walikota Bima Jadi Narasumber Dialog Kebangsaan di Tuk Tuk Cafe

Tuesday, June 15, 2021 | Tuesday, June 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-15T01:54:19Z


Foto Prokopim


Kota Bima, Garda Asakota.-



Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kota Bima menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema "Membumikan Ideologi Pancasila di tengah Tarikan Berbagai Kepentingan". 


Dialog ini dihadiri oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, sekaligus menjadi narasumber dialog. 




Pantauan wartawan, kegiatan dialog yang dipandu Moderator Siti Rahmawati, ini dilaksanakan pada Senin 14 Juni 2021 di Kedai Tuk Tuk Coffe (Depan Pom Bensin Penato'i  Kota Bima. Hadir pula pada kesempatan tersebut perwakilan Kapolresta Bima, akademisi dan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Bima. 


Wakil Walikota Bima pada kesempatan tersebut menjelaskan mengenai Peran Pemerintah Kota Bima dalam membumikan nilai-nilai pancasila. 


Peserta dialog Kebangsaan


Dalam pemaparannya disampaikan bahwa Pancasila merupakan konsep ideologi yang sangat sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia, yang sudah dipikirkan dengan matang oleh para pendiri bangsa. 


Lebih lanjut dijelaskannya Pancasila dengan segala nilai-nilainya adalah sebuah produk dari masyarakat bangsa Indonesia sendiri. Jika boleh menjabarkannya dengan logika sederhana, maka dapat ditarik suatu pengertian bahwa Pancasila adalah sebuah kristalisasi dari nilai-nilai yang sejatinya adalah identitas dari masyarakat Indonesia itu sendiri.


"Soekarno dalam beberapa pidatonya mengenai Pancasila, dengan tegas menyatakan bahwa Pancasila adalah sebuah “produk” asli dari bangsa ini yang digali secara langsung dari bangsa ini, itulah sebabnya mengapa Soekarno menyatakan dirinya bukan sebagai penemu dari Pancasila melainkan sebagai penggali dari Pancasila", ungkap Wakil Walikota.


Dikatakannya pula bahwa pada era baru yang ditandai dengan masyarakat yang melek teknologi saat ini adalah eranya kolaborasi. 


Pemerintah tidak bisa melakukan pengarusutamaan Pancasila sendirian. Seluruh komponen masyarakat juga harus turut serta dalam melaksanakan penanaman nilai-nilai Pancasila.


"Penanaman nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat kita harus digaungkan oleh seluruh elemen masyarakat yang ada, karena ini adalah identitas kita", ujar Wawali


Pada kesempatan itu, pihak penyelenggara menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Narasumber Feri Sofiyan, SH (Wakil Walikota Bima/Pembina DPD PGK Kota Bima, Daud Akbar Staf Ahli anggota DPR RI, HM. Syafruddin, ST, MM, Kapolres Bima Kota ABP Hario Tejo Wicaksono diwakili Waka Polres, dan Mulyadin Ahmad, M.Pd, Akademisi/Aktivis Senior.



"Rasa bangga tak terhingga atas penyampaian materi dialog dari Narasumber dalam mengemas isu kebangsaan dan analisis nilai-nilai Pancasila sebagai indentitas ke Indonesian yang paripurna," ungkap Panitia Penyelenggara, Imam Wahyudin, SH, juga selaku Ketua Umum DPD PGK Kota Bima.


Tidak lupa Panitia juga menyampaikan ungkapan terimakasih dan rasa bangga  kepada para tamu undangan dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM PTS Bima) dan perwakilan OKP,  IMM Cab.Bima, HMI, Karang Taruna, Pemuda Muhamadyah Kota Bima, Masica ICMI Bima, LPW Bima Raya dan semua pihak yang berpartisipasi. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update