-->

Notification

×

Iklan

Gubernur NTB Puji Program Gerakan Cinta Zakat BAZNAS NTB

Thursday, May 6, 2021 | Thursday, May 06, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-08T11:07:41Z

 

Gubernur NTB Puji Program Gerakan Cinta Zakat BAZNAS NTB


Mataram, Garda Asakota.-


Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, memuji luncuran program Gerakan Cinta Zakat yang dilakukan oleh BAZNAS NTB di Gedung Graha Bhakti Praja, Rabu, 05 Mei 2021.


Menurutnya, selain dapat membersihkan harta dengan cara memberikannya kepada yang berhak, zakat juga dapat menjadi penenang hati dan memberikan rasa bahagia bagi pemberinya jika dilakukan dengan ikhlas dan penuh cinta.


"Ini luar biasa. Gerakan Cinta Zakat dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk memahami pentingnya zakat itu apa," jelasnya. 


Menurut Bang Zul, sapaan Gubernur, melaui Gerakan Cinta Zakat dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan zakat, infak, dan sedekah. 


Selain itu, Gerakan tersebut dapat menjaga hati pemberinya dan mendidik agar peka terhadap kekurangan sekitar. Dimana, hal tersebut dapat melatih diri agar bisa mencapai pribahasa "tangan kanan memberi, tangan kiri tidak perlu mengetahui". 


Bang Zul yang didampingi isteri Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah juga menyempatkan diri memberikan zakat Mal kepada panitia Zakat BAZNAS NTB. Yang mana diharapkan akan dapat memotivasi setiap orang untuk melalukan hal serupa. 


Sementara itu, Ketua BAZNAS NTB, TGH Muhammad Said Ghazali menjelaskan, Baznas NTB akan memastikan penyaluran zakat yang telah disalurkan masyarakat agar tepat sasaran, betul-betul sampai kepada mereka yang membutuhkan. 


Lebih jauh TGH Muhammad Said Ghazali menjelaskan, Potensi zakat di NTB Mencapai 2,8 triliun. Sementara zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang berhasil dikumpulkan pada tahun 2020 kemarin baru sekitar 100 milyar lebih. Pengumpulam ZIS mampu direalisasikan sebesar 28,5 milyar melebihi realisasi pada tahin 2019 yakni 26, 4 miliyar. 


"Untuk pengumpulan zakat infak dan sodakoh tahun 2021 ditargetkan sejumlah 30 milyar," jelasnya. 


Baznas NTB sendiri mendistribusikan ZIS dan memanfaatkannya melalui beberapa program  dan insyaallah untuk 2021 target 30 miliyar.


Baznas NTB mendistribusikan penggunaan ZIS melalui beberapa program. Diantaranya, Baznas NTB Gemilang Peduli dengan jumlah penerimanya 26798. Baznas NTB Gemilang Cerdas dengan jumlah penerimanya 3198 orang. Baznas NTB Gemilang sehat dengan jumlah penerimanya 881 orang. Baznas NTB Gemilang  makmur dengan jumlah penerimanya 2581 orang. Dan Baznas NTB Gemilang takwa dengan jumlah penerimanya 6541 orang.  Program pemberdayaan  sejumlah 499 orang dan lembaga, dengan total 4438 orang.


"Program Baznas NTB Gemilang selalu berusaha menyalurkan zakat secara produktif," tandasnya. (GA.Im/Kom*)

×
Berita Terbaru Update