-->

Notification

×

Iklan

Sejumlah Warga dan Anak di Lingkungan Jatiwangi Diserang Gatal Scabies

Wednesday, April 21, 2021 | Wednesday, April 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-21T11:39:06Z
Sejumlah Warga dan Anak di Lingkungan Jatiwangi Diserang Gatal Scabies
Petugas Puskesmas Jatibaru, Rabu (21/4) saat memeriksa sejumlah anak dan warga yang diserang gatal scabies.


Kota Bima, Garda Asakota.-


Belasan warga Rt. 02 lingkungan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima, baik anak-anak maupun orang tua saat ini diserang penyakit gatal gatal. Tidak diketahui pasti apa penyebabnya, warga yang dikonfirmasi pun mengaku tidak mengetahui pasti.


"Tapi yang jelas kejadian tersebut terjadi sejak dua bulan yang lalu," ucap seorang warga, Nafis kepada Garda Asakota, Rabu (21/4).


Awalnya, kata dia, gatal gatal ini diduga bersumber dari salah satu rumah warga di Rt setempat, kemudian dengan cepat menyebar ke setiap keluarga yang berdekatan dengan rumah tersebut.


Kondisi ini telah dilaporkan pihaknya pada Kepala Puskesmas Asakota yang langsung direspon cepat dengan meninjau lokasi. "Kita sudah laporkan, katanya Tim Puskesmas dijadwalkan hari ini akan melakukan pemeriksaan terhadap semua warga yang mengalami gatal gatal," akunya.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Jatibaru, Abdullah, S.Km, saat dikonfirmasi via selulernya membenarkan bahwa pada hari ini, Rabu (21/4) tim akan melalukan pemeriksaan tentang apa penyebab terjadinya gatal gatal tersebut.


Menurutnya, setelah di cek oleh Tim Puskesmas penyebab gatal gatal adalah scabies (kutu tungau). Scabies ini diakui bentuknya lebih kecil dari kutu biasa, menempel di tempat tidur, dan cepat menular.


Ini disebabkan kurangnya perhatian warga sekitar akan kebersihan baik kebersihan rumah tinggal atau lingkungan sekitar. 


"Diharapkan kepada warga masyarakat agar membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), utamanya dalam rumah biasakan menjemur tempat tidur dan alat tidur lainnya termasuk alat sholat.


Sebab percuma saja meski berkali kali kita obatin kita berikan penyuluhan kalau masyarakat tidak membiasakan PHBS ini, semua penyakit tidak akan hilang," timpal dr. Maya Fatfa Lestari, yang saat itu terjun langsung bersama Tim Puskesmas Jatibaru.  


dr Maya menambahkan bahwa warga yang mengalami gatal gatal itu kemudian dikasih obat salep. "Obat gatal gatal scabies ini hanya 1 yaitu salep 24 (generik)," jelasnya menambahkan. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update