-->

Notification

×

Iklan

Sebanyak 40 Unit Rumah Relokasi Banjir di Kadole Oi Fo'o Tergenang Banjir

Sunday, March 21, 2021 | Sunday, March 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-21T22:59:26Z

 

Kondisi perumahan Kadole saat digenangi banjir Sabtu kemarin, (20/3). Sumber Foto; Netizen, Budin.



Kota Bima, Garda Asakota.-


Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kota Bima Sabtu siang kemarin (20/3) menyebabkan banjir di sejumlah titik, termasuk kawasan perumahan relokasi warga Kadole Kelurahan Oi Fo'o yang tergenang banjir cukup parah.


Kalak BPBD Kota Bima, Ir. Hj. Zaenab, yang dikonfirmasi wartawan via selulernya Minggu (21/3), membenarkan adanya informasi tersebut. 


Diakuinya kawasan Kadole yang berada di dataran tinggi itu, juga diterjang banjir yang menyebabkan perumah relokasi tergenang banjir dengan ketinggian bervariatif bahkan hingga 1 meter lebih.


"Hujan kemarin memang deras hingga menyebabkan sebagian wilayah Kota Bima terendam, termasuk kawasan Rumah Banjir Kadole tergenang dengan ketinggian hingga mencapai 1 meter. Tapi Alhamdulillah banjirnya sekarang sudah surut," ungkap Kalak BPBD kepada Garda Asakota.


Pihaknya bersama dinas terkait lainnya saat ini bahu bahu membahu menyisir setiap sisi mencari penyebab luapan yang ternyata diakuinya disebabkan oleh tersumbatnya lobang masuk aliran air dari drainase perumahan akibat tertutup material. 


Mengatasi tersumbatnya drainase itu pihaknya sedang berupaya membersihkannya. "Sedang dibersihkan,  In shaa Allah selesai hari ini," akunya.


Ir. Hj. Siti Zaenab menjelaskan, untuk rumah yang terdampak atau tergenang banjir ada sekitar 40 unit rumah. Perumahan ini, kata dia, hanya sebagian yang sudah ditempati sedangkan sebagiannya belum berpenghuni.


"Kepada warga yang terdampak untuk sementara hanya nasi bungkus yang diberikan sebagai bantuan tanggap daruratnya. 


In shaa Allah kita akan lakukan pendataan susulan," pungkasnya seraya mengakui bahwa genangan ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi. "Tetapi kondisi sebelumnya tidak separah ini, hanya menggenangi halaman rumah saja," tambahnya. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update