Ini Alasan Madrasah di Kobi Tetap Melaksanakan KBM Tatap Muka di Tengah Covid19


MTsN 1 Padolo Bima


Kota Bima, Garda Asakota.-

Proses Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tatap muka di hampir semua sekolah tingkatan SD dan SMP di Kota Bima untuk sementara waktu ditiadakan oleh Pemerintah menyusul semakin meningkatnya warga masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid19 (Corona Disease Virus 2019).

Namun rupanya di tengah kebijakan itu, masih ada lembaga Pendidikan yang tetap melaksanakan proses KBM tatap muka seperti biasanya, salah satunya adalah MTsN 1 Padolo Kota Bima. Lalu apa kira-kira alasan pihak sekolah yang tetap melaksanakan KBM di sekolah?

Menanggapi hal tersebut pihak kantor Kemenag Kota Bima melalui Kasi Pendidikan Madrasah, H. Furqan Ar Roka, mengakui bahwa selama ini proses KBM tatap muka di MTsN 1 tetap berjalan seperti biasanya tidak ada yang berubah kendati sebelumnya sempat mengikuti aturan dan kebijakan Pemerintah selama 2 minggu melalui Perwali untuk tidak melaksanakan KBM tatap muka.

Tapi pada akhirnya, kata dia, setelah sepakat bersama pihak terkait internal Kementrian Agama bidang Pendidikan Madrasah bersama Komite Madrasah dalam satu rapat, disepakati bahwa madrasah (sekolah) di bawah naungan Kemenag tetap melanjutkan KBM tatap muka tentunya dengan teknis dan cara yang disetujui bersama. 

"Karena ada kesepakatan internal itulah, akhirnya sekolah tetap berjalan apalagi dalam waktu dekat siswa akan melaksanakan ujian," ujar H. Furqan kepada Garda Asakota, Sabtu (20/2).

"Berbicara ditegur sih sudah sering kali ditegur baik oleh legislatif pun eksekutif bahkan beberapa kali kami turun bersama Sat Pol PP untuk memantau kondisi dan suasana KBM. Dan kelihatannya elama proses KBM tersebut pihak sekolah tetap melaksanakan Protap Kesehatan pencegahan penyebaran virus covid19," timpal H. Furqan seraya mensyukuri bahwa selama proses KBM berlangsung siswa Madrasah belum ada satupun yang terpapar apalagi terkonfirmasi positif Covid19.

Terpisah, Kepala MTsN 1 Kota Bima, Drs. HM. Adnan, juga mengakui bahwa memang pelaksanaan KBM tatap muka ini berdasarkan hasil rapat dan  kesepakatan anggota K3M (Kelompok Kerja Kepala Madrasah) kota yang juga disetujui oleh pengurus komite di masing-masing Madrasah.

Menurutnya, walaupun KBM tatap muka tetap berjalan namun pihaknya tetap memberlakukan protokol covid19 sesuai dengan anjuran Pemerintah. "Tetap dalam protap kesehatan covid19. Kita Doakan saja semoga kita semua terhindar dari wabah corona  termasuk semua keluarga besar MTsN 1 Kota Bima," harap Adnan. (GA. 003*)

Komentar