-->

Notification

×

Iklan

BPBD, Dinas Terkait, dan Relawan TSBK Gelar Aksi Bersih Bersih Sampah di Jembatan Raba Salo

Wednesday, January 6, 2021 | Wednesday, January 06, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-01-06T06:13:48Z


Kota Bima, Garda Asakota.- 

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya luapan air banjir, BPBD Kota Bima bersama sejumlah dinas lainnya seperti Dinas Damkar, Dinas Perkim, dinas PUPR, BWS, dan juga DLH Kota Bima, melakukan aksi gotong royong membersihkan sampah di Jembatan Raba Salo di wilayah Kelurahan Penatoi Kecamatan Raba Kota Bima. 

Kepala Dinas BPBD Kota Bima melalui Kabid Darlog, Nazamuddin, S. Sos, kepada Garda Asakota Rabu (06/01), mengungkapkan bahwa aksi ini selain sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan jembatan juga bertujuan mengantisipasi terjadinya luapan air banjir. 

Diakuinya, bukan hanya dari dinas yang ikut tergabung dalam membersihkan tumpukan sampah ini akan tetapi juga melibatkan beberapa stakeholder lainnya seperti Relawan dari TSBK. 

"Ini artinya partisipasi masyarakat dalam membersihkan tumpukan sampah ini, kita bisa melihat setiap musim hujan sampah di jembatan ini selalu menumpuk. Untuk itu, kita harus bersihkan dengan baik supaya air banjir lancar tanpa meluap di pemukiman warga," ujarnya 

Bukan hanya jembatan Raba Salo yang dilakukan pembersihan, namun ada beberapa jembatan lain di wilayah Kota Bima seperti jembatan di PenanaE dan juga juga sejumlah jembatan di wilayah bagian barat yang tertumpuk sampah untuk dibersihkan secara bergotong royong.

"Ini semua salah satu cara kita dalam rangka mengantisipasi luapan banjir. Dan Alhamdulillah tim reaksi cepat Kota Bima membersihkan semua penghambat aliran air, hari dipastikan tumpukan sampah di jembatan Raba Salo ini akan dibersihkan dengan baik," sebut mantan Kasubag Protokol Humaspro Pemkot Bima ini.

Kepada Garda Asakota, dia juga menyampaikan rasa bangga atas gerakan cepat pihak dinas Damkar dan yang lainnya karena telah memberikan fasilitas yang luar biasa dalam aksi ini. Salah salah satunya adalah mobil Damkar yang melakukan penyemprotan terhadap lumpur yang membalut puing sampah.

"Luar biasa dinas Damkar, dengan armadanya mampu menghancurkan semua lumpur yang melilit tumpukan sampah di kolong jembatan Raba Salo," apresiasinya. 

Armada yang ikut partisipasi mengangkut sampah saat ini, kurang lebih 20 dijelaskannya ada dari Damkar, DLH, PUPR, juga dari BPBD Kota Bima. "Jadi untuk membersihkan sampah ini, kita meminta bantuan semua dinas terkait, supaya hari ini sampah yang menumpuk terselesaikan dengan cepat." katanya 

Dia menambahkan bahwa hari ini, ada salah armada ekxa amfibi juga yang turut diterjunkan untuk membantu membersihkan jembatan Raba Salo. Karena di bawah kolong jembatan tersebut tak mampu sepenuhnya dilakukan secara manual, tentu harus menggunakan alat berat yang sepantasnya seperti ekxa amfibi tersebut. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Damkar Kota Bima, Didi Fakhdiansyah, ST, MT, mengakui bahwa dalam kegiatan ini, pihaknya turut ikut berpartisipasi seperti menyiapkan armada sesuai kebutuhan dalam membersihkan sampah seperti yang dilakukan saat ini. "Dari dinas kami, armada yang ikut partisipasi dalam membersihkan tumpukan sampah saat ini sebanyak empat armada," ujarnya (GA. 355*)

×
Berita Terbaru Update