Header Ads

Bersihkan Kali Jangkuk di HUT Partai ke-48, PDI-P Mataram Gugah Kesadaran Jaga Kehidupan Masyarakat

Mataram, Garda Asakota.-

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), pada Minggu 10 Januari 2021, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-48 tahun. Perayaan HUT ke-48 ini dirayakan secara serentak di Seluruh Indonesia.  Tema HUT ke-48 yang diambil pun adalah "Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan,".

DPC PDI-P Kota Mataram dalam merayakan HUT ke-48 ini melaksanakan beberapa kegiatan seperti diawali dengan pemasangan atribut bendera dan spanduk partai.

"Selain itu, seluruh struktural, kader partai, anggota dan simpatisan akan mengikuti rangkaian acara HUT ke-48 secara virtual melalui zoom meeting dengan pengurus DPP PDIP. Melalui zoom meeting, kita akan menyimak pidato peringatan HUT dari Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ditargetkan zoom meeting ini akan memecahkan rekor MURI sebagai zoom meeting dengan peserta terbanyak. Untuk DPC, kita akan mengerahkan 1.000 peserta," kata Ketua DPC PDI P Kota Mataram, Ir Made Slamet, dalam siaran tertulisnya, Minggu (1/10/2021).

Sebelum zoom meeting yang dilanjutkan dengan acara tumpengan. Rangkaian kegiatan peringatan HUT partai juga diawali dengan kegiatan bersih sungai dan menanam pohon yang dipusatkan di Kali Jangkuk di Sintung, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan .

Made menegaskan, seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT partai dilakukan dengan memenuhi seluruh ketentuan protokol kesehatan.

"Sesuai arahan DPP bersih-bersih sungai kita harapkan akan semakin memperkuat rasa cinta tanah air dan rawat bumi melalui gerakan penghijauan dan bersih sungai yang kita lakukan saat ini," ungkapnya.

Menyusuri Sungai Jangkok dengan  mengenakan sampan kebersihan yang merupakan aspirasi Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Mataram Nyayu Ernawati. Seluruh kader partai mulai jenjang PAC, DPC dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD setempat dipimpin Ketua DPC Made Slamet pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00 Wita memunguti sampah yang berada di sepanjang  sungai yang menjadi kebanggaan warga ibu Kota NTB itu.

Sepanjang sungai tersebut, masih terlihat banyaknya tumpukan sampah yang menghalangi aliran sungai. Parahnya, sampah-sampah yang menumpuk itu mengakibatkan sedimentasi sungai dari Lingkungan Sintung hingga Lingkungan Banjar dan Kampung Melayu terlihat jelas.

"Sesuai arahan Ibu Ketua Umum dan Pak Sekjen, maka bicara sungai maka sebenarnya berbicara soal peradaban manusia. Sebab sungai membawa air dan nutrisi ke area di seluruh bumi. Jangan hanya membayangkan sebagai saluran drainase, tetapi sebagai sebuah habitat, yang menyediakan habitat dan makanan yang sangat baik bagi banyak organisme di bumi. Banyak tumbuhan, bebek, ikan, yang akhirnya dikonsumsi oleh manusia yang akhirnya mampu membangun peradaban," jelas Made.

"Ayo kita selamatkan kehidupan kita dengan menjaga kebersihan kali Jangkuk," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Kota Mataram Nyayu Ernawati, mengungkapkan kegiatan bersih kali Jangkuk ini adalah upaya pihaknya menggugah kesadaran bahwasanya kebersihan sungai bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Namun, menjadi tanggung jawab semua, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

"Di HUT partai ini, kami mengajak masyarakat dan siapapun untuk peduli terhadap sungai. Karena urat nadi kehidupan ada di sungai. Jadi, siapapun punya tanggung jawab untuk merawat dan menjaga kebersihan sungai," tandas Nyayu Ernawati yang juga Sektetaris DPC PDI Perjuangan Kota Mataram itu. (red*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.