-->

Notification

×

Iklan

Sukses Membina dan Mengembangkan Perpustakaan, Gubernur NTB Raih Penghargaan

Sunday, December 6, 2020 | Sunday, December 06, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-12-05T23:40:47Z


Mataram, Garda Asakota.-

Gubernur NTB Dr.H Zulkieflimansyah mendapatkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI. Penghargaan diberikan karena Gubernur dinilai telah memberikan dedikasi dalam membina dan mengembangkan Perpustakaan dan kegemaran membaca di Provinsi NTB.

Pernghargaan yang ditandatangani oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando tersebut merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan Perpusnas terhadap Gubernur NTB yang selama ini telah memberikan andil dalam pengembangan perpustakaan di daerah. Yang tak kalah pentingnya yaitu bagaimana upaya Pemprov NTB bersama kabupaten/kota dalam meningkatkan literasi dan kegemaran membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip NTB Dr. Manggaukang Raba mengatakan, ada 10 kriteria penilaian Perpustakaan Nasional sehingga muncul penghargaan untuk Gubernur NTB. Salah satu kriteria yaitu sudah semakin gencarnya perkembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di NTB. Ada empat kabupaten di daerah ini yang sudah mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi yaitu Kabupaten, Bima, Kabupeten Lombok Utara, KSB, dan Kabupeten Lombok Tengah.

“Ada juga indikator berupa prestasi yang diperoleh NTB dalam dua tahun terakhir. NTB tahun 2019 lalu juara 1 dan tahun ini dapat juara 3 Lomba Perpustakaan. Kita selalu dapat prestasi setiap tahun, sehingga itu yang dinilai,” kata Manggaukang Raba, Sabtu 5 Desember 2020.

Ia mengatakan, selain kriteria tersebut, kriteria penyebarluasan informasi kegiatan Perpustakaan Daerah melalui media massa dan media sosial secara aktif dilakukan. Selain itu, anggaran untuk Perpustakaan di NTB baik di Pemprov maupun di kabupeten/kota melalui APBD masing-masing daerah selalu terjadi peningkatan.

“Kriteria lainnya yaitu jumlah pustakawan yang merata di seluruh kabupaten/kota di NTB. Karena banyak daerah di luar NTB yang tak memiliki pustakawan yang merata,” ujarnya.

Kriteria lainnya yaitu adanya inovasi yang dibuat oleh sejumlah daerah di NTB telah memberikan dampak yang positif bagi masyakarat dalam hal peningkatan literasi. (red/Hc*)

×
Berita Terbaru Update