-->

Notification

×

Iklan

Hijaukan Kawasan Pemukiman, BPBD dan FPRB Tanam 1.000 Bibit Pohon di Lingkungan Kadole

Wednesday, December 30, 2020 | Wednesday, December 30, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-12-30T07:12:42Z


Kota Bima, Garda Asakota.- 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima bersama Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Bima melakukan penanaman 1.000 bibit pohon. Gerakan ini dalam rangka menghijaukan wilayah pegunungan dan perumahan rumah banjir di lingkungan Kadole Kelurahan Oi Fo'o Kota Bima. 

Kepala BPBD Kota Bima, Ir. H. Syarafuddin, MM, didampingi Ketua FPRB Anwar Arman SE, kepada Garda Asakota, Rabu (30/12), menjelaskan bahwa sesuai program Pemerintah Kota Bima pihaknya bekerja sama dengan FPRB juga sejumlah anggota TSBK Kota Bima melakukan penanaman 1.000 bibit pohon di wilayah pegunungan Kadole Kota Bima. 

"Tadi sekitar pukul 07.00 wita, kita bersama FPRB juga TSBK,  melakukan persiapan menanam dan melakukan upacara persiapan, setelah itu baru kita lakukan aksi penanaman," sebutnya di kantor BPBD Kota Bima. 


Diakuinya, bibit pohon yang ditanam di wilayah pegunungan tersebut yakni pohon Mahuni, Wau, Kemiri, Garoso, dan juga bibit pohon Sengon. "Ribuan bibit pohon yang ditanam ini berasal dari pihak FPRB sebagai pemrakarsa. Kalau kita hanya menanam dan menyediakan lahan saja," ujar Syarafudin seraya mengungkapkan bahwa aksi penanaman ini, tidak hanya dilakukan di kawasan pegunungan akan tetapi di semua pekarangan warga perumahan Kadole.

"Kita berharap kedepan para penghuni perumahan tersebut dapat menikmati kesejukan, baik di saat musim hujan maupun di musim panas," harapnya. 

Sementara itu, Ketua FPRB, Anwar Arman, juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan secara rutin di setiap tahun. Tujuannya selain untuk penghijauan, juga mengantisipasi terjadinya resiko banjir di musim hujan seperti ini. "Untuk itu kita lakukan penanaman pohon, supaya hutan atau gunung kita kembali hijau dan sejuk," unar mantan Anggota DPRD Kota Bima dari PKS ini. 

Tentu saja ia berharap apa yang ditanam saat ini tidak sekadar seremonial saja. Akan tetapi kata dia, akan selalu diperhatikan dan dilakukan pemeliharaan sebagaimana mestinya. "Karena semua ini pastinya agar tercipta Kota Bima yang hijau dan sejuk," tandasnya. (GA. 355*)

×
Berita Terbaru Update