-->

Notification

×

Iklan

Ponpes Almansyuriah Taklimusshibyan Bonder Gelar Haul Ke-II Alm TGH A Taqiuddin Dirangkai Dengan Harlah ke-57

Friday, October 9, 2020 | Friday, October 09, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-10-09T09:57:15Z

Almagfurullah TGH Ahmad Taqiuddin Mansur dalam suatu kesempatan dengan Gubernur NTB dua (2) Periode 2008-2018.

Mataram, Garda Asakota.-

Haul II Almagfurullah TGH Ahmad Taqiuddin Mansur akan kembali digelar 9-10 Oktober ini. Haul tersebut dirangkaikan dengan Harlah ke 57 Ponpes Almansyuriyah Taklimusshibyan NU Bonder Lombok Tengah.

Ketua Panitia Haul, Suaeb Quri menjelaskan Haul tersebut akan dirangkaikan dengan berbagai kegitan diantaranya, santunan anak yatim dan ziarah makam bagi para jamaah dan santri. Acara tersebut juga dirangkaikan dengean pameran buku karya Almagfurullah.

"Puncak acara Harlah dan Haul II ini yakni pada hari Sabtu dan malam minggu dan akan digelar acara Dzikir dan Doa bersama," terang Suaeb Quri melalui siaran persnya, Jum'at 09 Oktober 2020.

Kegiatan zikir dan doa itu akan dihadiri ribuan jamaah, santri serta alumni yang tersebar di tiga kecamatan yaitu kecamatan Praya Barat Daya, Praya Barat dan Pujut. Selain mendoakan para alim ulama yang telah pergi ke Rahmatullah, masyarakat umumnya juga bisa meniatkan keluarga mereka masing masing yang telah mendengar.

"Meski acara Haul ini diniatkan untuk Almagfurullah TGH Ahmad Taqiyuddin Mansyur dan seluruh pengasuh sebelumnya tapi masyarakat juga bisa meniatkan untuk keluarga masing masing," terang Suaeb.

Mengingat saat ini pandemi Covid-19, pelaksanaan Haul II ini tentu dengan menerapkan Protokol kesehatan Covid-19. Jamaah dan santri akan memakai masker dan menjaga jarak. Panitia juga telah menyiapkan beberapa tempat cuci tangan memakai sabun. Yang bertugas mengatur protap standar covid19  tersebut Banser Pagar Nusa dan Pramuka serta bantuan pengaman khusus dari pihak kepolisian. Termasuk nanti saat ziarah makam dari para alumni panitia telah mengaturnya secara bergantian.

"Kegiatan Haul ke II dan Harlah 57 Ponpes Almansyuriyah ini juga adalah spirit melanjutkan tradisi yang telah dibangun oleh almagfurullah dan sebagai wujud kecintaaan kami mengingat keistiqomahan dan perjuangan Almagfurullah TGH Ahmad Taqiuddin Mansur membumikan ajaran islam yang rahmatan alamin an nahdiyah, bukan sekedar kata-kata," jelas mantan ketua GP Ansor NTB itu.

"Beliau dengan sepuh jiwa dan raga menjalankan dan meyakini sebagai bagian dari ladang amal ibad yang kelak akan diwarisi oleh para generasi muda Nahdlatul Ulama," tambahnya.

Suaeb juga mengatakan hampir disisa umur dan  menjelang beliau dipanggil oleh Yang Kuasa, beliau telah meletakkan dan menyemai bait-bait kebaikan yang tak sanggung bagi anak dan keluarganya untuk bisa mengikuti jejak beliau. Dari cara melayani dan mengayomi serta membangun peradaban ukhwah islamiyah, dan ukhwah insaniyah, uhkwa wathoniyah, serta ukhwah basyariyah adalah realita yang bersemayam dalam jiwa dan raga beliau.

Begitu juga dengan cita-cita dan cintanya kepada keluarga dan NU sama posisinya cara beliau mencintai (santri, teman dan saudara serta jamaahnya), inilah roh dari kemuliaan dan kewalian beliau yang seolah tiada putusnya dikenang dan diingat oleh orang.

"Semoga apa yang dipersembahkan dan pengabdian Almagfurllah adalah cita-cita yang tertunda dan yang harus dilanjutkan oleh kami," harapnya.

Sementara itu Bendahara Haul, Husna Fatayati mengatakan untuk menerapkan protokol Covid-19 panitia juga me-nyediakan link zoom yang diperuntukkan bagi jamaah yang tidak bisa hadir di lokasi maupun mereka yang berada di luar daerah. Mengingat alumni Almansyuriah Bonder sudah tersebar banyak dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dalam Haul ini juga akan berlangsung launching Atqia TV, launching Himne dan Mars Almansyuriah," kata Husna.

Iqbal Mansyur juga akan ada sambutan khusus via Zoom dari Putra bungsu Almagfurullah, Muhammad Iqbal Mansyuri LC, ceramah secara langsung melalui aplikasi Zoom dari Maroko mengingat saat ini Iqbal sedang melangsungkan studi Master. Ini dalam rangka memperkenalkan calon estafet kepemimpinan Almagfurullah untuk pondok tercinta.

Husna mengatakan semua Madrasah cabang yang berjumlah 20-an, masjid di tiga kecamatan akan melangsungkan tahlil zikir dan doa bersama di tempatnya masing-masing.

"Yang paling penting juga akan ada penganugerahan madrasah cabang terbaik," ungkapnya. (red*)

×
Berita Terbaru Update