-->

Notification

×

Iklan

Peringati Sumpah Pemuda ke-92, DKP dan Dispar Gelar Lomba Perahu Hias di Pantai Kolo

Wednesday, October 28, 2020 | Wednesday, October 28, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-10T23:55:26Z



Kota Bima, Garda Asakota.-


Merayakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 dan dalam rangka memotivasi para Nelayan agar tetap memiliki semangat yang kuat dalam menjalani kehidupan sebagai Nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima dan Dinas Pariwisata Kota Bima menggelar event atau perlombaan Perahu Hias yang dihelat di lokasi Destinasi Wisata Perairan Pantai Kelurahan Kolo, Rabu 28 Oktober 2020.


Sekitar 100 Perahu Nelayan yang ada di wilayah perairan Kota Bima nampak sangat antusias mengikuti event tersebut dan menghias perahu mereka dengan berbagai pernak pernik hiasan yang mempercantik penampilan perahu mereka.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, Ir Hj Sitti Zaenab, mengatakan kegiatan tersebut digelar disamping sebagai salah satu partisipasi dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-92, juga memberikan angin segar bagi semua para nelayan, yang selama ini tak pernah mengenal lelah dan letih berjuang melawan gelombang biru ditengah laut. 


"Untuk itu, digelarnya event ini tentu akan memberikan sebuah angin segar serta memacu semangat mereka sebagai nelayan dalam menopang ekomomi dikehidupannya sehari-hari," sebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Ir Hj Sitti Zaenab saat menyampaikan laporannya di event perahu hias, Rabu (28/10). 


Dihadapan Walikota Bima, HM Lutfi, Sekda Kota Bima, H Muhtar Landa, dan juga Ketua TP-PKK Kota Bima, Hj Elya HM Lutfi, Kepala DKP Kota Bima melaporkan bahwa kegiatan ini semata mata bersumber dari DPA Dinas Kelautan dengan tujuan agar bagaimana memotivasi para nelayan, serta memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 tahun 2020. 


"Yang pasti dengan suasana event ini, para nelayani terlihat antusias merespon atas terlaksananya kegiatan yang dimaksud," ujarnya. 


Zaenab juga melaporkan, bahwa peserta yang ikut di Perlombaan Perahu Hias saat ini sebanyak 100 perahu yang berada diperairan wilayah Kota Bima. Mereka juga menghias perahunya tersebut dan mengkolaborasikan bertepatan di Hari Sumpah Pemuda. 


Melihat antusias para nelayan, Zaenab meminta agar kegiatan yang dihelat saat ini dapat dijadikan sebagai kegiatan tahunan para nelayan.


"Bahkan kami meminta, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara tersendiri tanpa harus menunggu momen-momen hari besar dan sebagainya. Semoga saja dengan kegiatan ini, Walikota Bima menjadikannya sebagai kegiatan rutin bagi para nelayan," harapnya. 


Zaenab juga melaporkan bahwa kegiatan ini, didukung berbagai BUMN, BPJS Mandri serta wira swata lainnya yang ada diwilayah Kota Bima. 


Ditempat yang sama, Walikota Bima, HM Lutfi, yang sekaligus membuka langsung Lomba Perahu Hias menyampaikan rasa bangganya atas semangat serta antusias para nelayan mengikuti lomba ini. 


"Kami berharap di momen hari sumpah pemuda, para pemuda terus melesatarikan perairan laut yang ada di Kota Bima. Lebih-lebih bagaimana tetap berada pada protocol covid. Artinya tetap jaga jarak dan selalu menggunakan masker sebagaimana protap covid," kata HM Lutfi. 


Walikota juga berharap dengan adanya kegiatan lomba perahu hias ini, para pemuda dapat lebih mencintai dan melestarikan alam Kota Bima dengan salah satunya giat menanam pohon untuk kelestarian alam. 


"Kami berharap kepada kaum muda untuk terus menanam pohon, karena Kota Bima nampak kering dan panas akibat tak ada pepohonan selaku penyerap air. Buatlah Kota Bima ini agar kembali hijau dan sejuk, menuju masa depan tanpa kepanasan lagi. 


Karena dengan menanam pohon akan memberikan masa depan bagi generasi kedepannya. Insya Allah, di 2021 mendatang kita akan lakukan penanaman pohon dan melibatkan semua para pemuda dan masyarakat, supaya kota kita kembali hijau dan sejuk," pungkasnya. (GA.355*)

×
Berita Terbaru Update