-->

Notification

×

Iklan

FTSB Fasilitasi Pembentukan TSBK Jatiwangi, Lukman Tejo Jadi Ketua Terpilih

Thursday, October 29, 2020 | Thursday, October 29, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-10-29T08:33:28Z



Kota Bima, Garda Asakota.-

Mengoptimalkan kembali peran serta Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK), Federasi Tim Siaga Bencana (FTSB) Kota Bima memfasilitasi pembentukan TSBK Kelurahan sekaligus menggelar kegiatan Pelatihan TSBK menyongsong Kelurahan Tangguh untuk memaksimalkan Mitigasi Bencana tingkat Kelurahan Jatiwangi di Aula Kantor Kelurahan setempat, Kamis (29/10).

Dalam pengantarnya Lurah Jatiwangi, Jumardin, S.Sos, menyampaikan bahwa Keberadaan TSBK Kelurahan Jatiwangi  dinilainya sudah tidak berjalan sebagaimana mestinya karena adanya kekosongan personal yang mana pada saat ini tersisa beberapa orang saja. Padahal diakuinya peran TSBK itu sangat urgen adanya apalagi di tengah kondisi sulit seperti saat ini.

Karenanya kata Lurah, mengingat komposisi kepengurusan TSBK Kelurahan sudah tidak lengkap lagi makanya dia berharap lewat momen pelatihan ini juga dapat dimanfaatkan untuk pembentukan kepengurusan barunya. "Semoga nantinya terbentuk TSBK yang lebih maju lagi yang lebih tangguh dan tanggap bencana kedepannya," harap Lurah.

Sementara itu Ketua FTSB Kota Bima melalui Wakil Instruktur Basarnas Kota Bima, Mahyudin menjelaskan bahwa keberadaan FTSB adalah sebagai wadah komunikasi TSBK Kota Bima termasuk komunikasi program kerja TSBK di tingkat kelurahan, lebih dari itu adalah untuk menyatukan TSBK se Kota Bima guna memperat silaturahim setiap pemuda kelurahan agar tidak ada lagi yang namanya konflik.

Pada kesempatan tersebut salah seorang TSBK senior Kota Bima, Iksan yang diberi kesempatan berbicara menyampaikan bahwa kalau berbicara TSBK tentu berbicara sebagai seorang relawan yang fokus pada persoalan mitigasi bencana dengan motto "kenali resiko kurangi ancamannya".

Wadah  ini lanjut Iksan, bukan hanya untuk nebeng nama saja akan tetapi diharapkan dapat bekerja nyata untuk membantu masyarakat tanpa komando dan perintah siapapun saat melihat bencana terjadi, baik bencana di laut maupun di darat.

"Jadi, kita di tuntut untuk memiliki keahlian dalam penanganan bencana ini, yang terpenting itu bukan kerjasama tapi sama-sama bekerja karena dalam berorganisasi itu tidaklah bernilai rupiah namun bernilai nurani," gugahnya.

Pantauan langsung wartawan, pada momen pemilihan ketua baru, Lukman Tejo Pemuda lingkungan Gindi terpilih sebagai Ketua TSBK Kelurahan Jatiwangi yang baru. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update