-->

Notification

×

Iklan

Tepis Rumor Kerjasama Dagang dengan Israel, Gubernur NTB: Soal Ekspor Bukan Kewenangan Pemda

Monday, August 24, 2020 | Monday, August 24, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-08-25T01:33:24Z
Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah

Mataram, Garda Asakota.-

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, menepis rumor yang berkembang terkait dengan adanya kerjasama dagang antara Pemda Provinsi NTB dengan Negara Israel. Mencuatnya isu ini bahkan memicu adanya aksi demonstrasi dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) di depan kantor Gubernur NTB pada Senin 24 Agustus 2020.

“Beberapa hari ini, salah satu isu yang mengemuka adalah munculnya kecurigaan adanya kerjasama dagang antara Pemda NTB dengan Israel. Meski Humas dan Dinas Perdagangan sudah kami mintai untuk membuat klarifikasi agar jelas dan tidak liar kemana-mana, akan tetapai nampaknya isu ini belum sepenuhnya clear,” ujar Gubernur NTB, Dr H Zulkiefliemansyah, sebagaimana diunggah dalam status Facebooknya pada Senin 24 Agustus 2020.

Di akun Facebooknya, Bang Zul Sulkielfimansyah,orang nomor satu di NTB ini secara tegas menampik adanya kerjasama antara Pemda NTB dengan Israel. 

Yang jelas, Pemda NTB tidak pernah melakukan kerjasama dagang dengan Israel.  Selain itu soal ekspor itu bukan kewenangan pemerintah daerah dan juga NTB tidak pernah melakukan ekspor langsung produk-produknya ke Israel,” tampik politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Menurutnya, kalau ada produk kerajinan NTB dijual oleh pebisnis dari NTB ke Jakarta atau ke Surabaya, lantas oleh pebisnis Jakarta atau Surabaya tersebut di ekspor ke Singapore, Eropa atau Amerika dan oleh Pebisnis di Negara-negara tersebut ada yang kemudian di jual ke Israel.

“Yah, kami Pemda NTB tak punya control untuk hal tersebut. Bahwa origin atau asal produk tersebut dari NTB iya, tapi ujung-ujungnya ada orang di Israel yang beli, hal itu benar-benar di luar kendali kita,” terang Doktor Zul.

Meski demikian, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para aktivis mahasiswa yang sudah mengingatkan pemerintahannya untuk berhati-hati membangun hubungan dagang dengan Israel.

“Terima kasih rekan-rekan mahasiswa yang sudah mengingatkan untuk kami berhati-hati. Tapi sekali lagi kami tegaskan, nggak ada kerjasama NTB dengan Israel dan nggak ada ekspor langsung produk-produk NTB ke Israel,” pungkasnya. (GA. Im*).
×
Berita Terbaru Update