Museum Asi Mbojo Gelar Kegiatan Wisata Sejarah



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Sabtu pagi kemarin, 18 Juli 2020, Museum Asi Mbojo melaksanakan kegiatan Wisata Sejarah yang diikuti oleh 20 peserta dari kota Bima maupun Kabupaten Bima. Kegiatan ini merupakan salah satu dari Program Soba Asi atau Sahabat Museum Asi Mbojo yang dilaksanakan sepanjang tahun 2020.

"Rute trip wisata sejarah Soba Asi dimulai dari Museum Asi Mbojo, Masjid Sultan Muhammad Salahuddin, Makam Tolobali, Langgar Kuno di Melayu, Lawata dan Makam Dana Taraha," ungkap Kepala Museum Asi Mbojo, Ruslan, S.Sos.


Di setiap spot yang dikunjungi, kata dia, para peserta mendapatkan penjelasan tentang sejarah tempat tempat bersejarah itu. Masjid Sultan Muhammad Salahudddin didirikan oleh Sultan Abdl Kadim. Di sebelah baratnya terdapat makam 6 sultan Bima dan keluarganya. Di Makam Tolobali terdapat makam 3 Sultan Bima. di Makam Dana Taraha terdapat makam 4 Sultan Bima. Langgar Kuno Melayu merupakan saksi bisu syiar islam di tanah Bima pada abad 17.

Wisata sejarah bukanlah wisata biasa, tetapi berwisata sambil belajar sejarah. Wisata sejarah  digelar setiap bulan dengan biaya registrasi sebesar Rp.50.00 per orang. Tetapi jika ada peserta yang mendaftar di luar jadwal yang ditetapkan oleh pihak Museum Asi Mbojo, kegiatan wisata dapat digelar asalkan peserta mencapai 10 orang untuk satu kali trip.

Disamping wisata sejarah, Museum Asi Mbojo akan melaksanakan kursus Alat Musik dan Tari Klasik Istana Bima serta Workshop Aksara Bima padq 1 Agustus 2020. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post