-->

Notification

×

Iklan

Pegawai Museum Asi Mbojo Rayakan 93 Tahun Asi Mbojo

Monday, June 15, 2020 | Monday, June 15, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-15T08:38:12Z
Kepala UPT Museum Asi Mbojo, Ruslan, S.Sos, saat memotong Kue Tar dalam perayaan Hari Ulang Tahun Asi Mbojo ke 93 tahun



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Museum Asi Mbojo adalah bangunan tua yang masih berdiri megah di pusat kota Bima.Museum ini dulunya adalah istana kesultanan Bima yang didirikan pada tanggal 13 Juni 1927 di masa pemerintahan Sultan Muhammad.

Angka 13 Juni 1927 itu diperoleh dari penuturan langsung almarhum Dr. Hj. Siti Maryam Salahuddin bahwa hari kelahirannya bertepatan dengan pembangunan Asi Mbojo.


Seperti dijelaskan oleh Kepala UPT Museum Asi Mbojo, Ruslan, S.Sos, dalam buku buku sejarah memang hanya menguraikan tahun pembangunan Asi Mbojo dimulai pada tahun 1927,tetapi tidak dijelaskan tanggal dan bulannya.

Untuk itu, dalam rangka memperingati pendirian Asi Mbojo, pegawai Museum Asi Mbojo merayakan secara sederhana dengan doa dan makan siang bersama. Acara ini betul betul lahir secara spontan pada hari sabtu 13 Juni 2020 dan karena keterbatasan dan baru memasuki masa new normal akhirnya dilaksanakan secara sederhana..

"Untuk tahun ini dirayakan secara internal di Museum Asi Mbojo.Insha Allah tahun depan akan bersama dengan Pihak Yayasan Kesultanan Bima, Majelis Adat Dana Mbojo, Pemerintah Daerah, komunitas seni budaya dan seluruh lapiran masyarakat di kota Bima maupun Kabupaten Bima," ungkap pria yang kerap disapa Alan Malingi ini.

Kedepan momentum pendirian Asi Mbojo akan dirayakan secara meriah dan menjadi evemt tahunan  di Museum Asi Mbojo dengan  berbagai kegiatan budaya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update