Header Ads

Camat Rasbar Gelar Bimtek Penanganan Dankel dan Dana Covid19

Suasana Bimtek penanganan Dana Kelurahan dan Dana Covid19 tingkat Kecamatan Rasanae Barat, Senin (29/6)


Kota Bima, Garda Asakota.-

Kantor Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima mengadakan kegiatan Bimtek penanganan Dana Kelurahan dan Dana Covid19 tingkat Kecamatan Rasanae Barat, Senin (29/6). Hadir dalam kegiatan itu Kabag AP, perwakilan Bappeda dan Litbang, Kabag LPBJ, Kabid Perbendaharaan BPKAD, serta para Lurah se Rasanae Barat serta Perwakilan Pokmas.

Dalam pengantarnya, Kabag Administrasi Pemerintahan Setda, Ikhwanul Muslimin menyampaikan kepada seluruh Camat yang ada agar dapat melaksanakan kegiatan Bimtek ini secepatnya karena ini penting adanya mengingat masalah dan fenomena yang terjadi di masyarakat yang perlu diluruskan terkait dengan penggunaan dana kelurahan. "Sehingga kedepan kita berharap tidak boleh ada kisruh lagi dengan memberikan pemahaman berikut aturan aturan di dalamnya," katanya.

Kata dia, Camat sebagai pengguna anggaran berusaha semaksimal mungkin memberikan pemahaman melalui informasi tersebut kepada masyarakat yang tentunya dibantu oleh para Lurah.

Menyangkut Dankel di tahun 2020 awal pihaknya bersama para Lurah melaksanakan kegiatan studi Banding yaitu Kota Mataram sebagai kota yang acapkali di jadikan sebagai rujukan studi banding oleh kota lain di Indonesia. "Karena ada hal yang subtantif di pemerintahan kota Mataram, ini semua demi terciptanya sebuah keseragaman informasi tentang bagaimana sih pelaksanaan dankel tersebut," imbuhnya.

Menurutnya, di Kota Mataram peran camat dalam pelaksanaan dana kelurahan begitu luar biasa mereka merancangnya sampai detail. Jika dibandingkan dengan kota Bima kadang kadang hal semacam ini menjadi tidak biasa karena kita hanya memiliki waktu sedikit dalam membaca aturan.

"Padahal dalam melaksanakan setiap kegiatan aturan itu harus kita telaah secara utuh dan kita pahami secara detail pula bahwa sesungguhnya aturan itulah yang akan menyenangkan hati kita karena itulah memiliki pemahaman yang seragam haruslah dimiliki oleh setiap Camat dan Lurah," tegas Ikhwan.

Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni, SE, saat memberikan arahannya.

Sementara itu dalam sambutan singkatnya Camat Rasanae Barat, Hj. Suharni, SE, mengharapkan kepada semua stakeholder yang ada yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan dana kelurahan untuk dapat menyatukan persepsi dalam bentuk pertanggungjawaban kegiatan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan dan pertanggungjawaban.

"Proses-proses ini diikuti supaya jelas arahnya, karena keterlibatan Pokmas tiap kelurahan harus lah selaras sehingga pemahaman pemerintah dengan masyarakat dalam program dana kelurahan ini sama adanya sehingga tidak menimbulkan polemik yang simpang siur," demikian harapan Camat Rasbar. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.