-->

Notification

×

Iklan

Di Puncak Jatiwangi, Wawali Bima Serahkan Bantuan untuk 12 Poktan Ternak Unggas

Monday, June 15, 2020 | Monday, June 15, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-17T22:56:42Z
Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH, saat menyerahkan secara simbolis bantuan ternak unggas kepada 12 Poktan Ternak Unggas di Kota Bima.

Kota Bima, Garda Asakota.-

Wakil walikota Bima secara simbolis menyerahkan bantuan ternak kepada 12 Kelompok Tani (Poktan) Ternak Unggas dari 100 Poktan Ternak Unggas yang tersebar di wilayah Kota Bima. Penerima bantuan diwakilkan kepada kelompok ternak Harmoni Jaya yang berlangsung di Puncak Jatiwangi, Senin pagi (15/6).

Pantauan langsung wartawan, acara penyerahan bantuan di bidang peternakan ini turut dihadiri oleh Kadis Pertanian dan Jajarannya, Asisten III Setda, Kabag Humaspro, Camat Asakota, Lurah Jatiwangi, dan Pendamping Ekonomi serta para Kelompok Penerima bantuan.



Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH, menjelaskan bahwa kehadiran pihaknya hari ini adalah untuk mengimplementasikan salah satu dari visi-misi Walikota dan HM. Lutfi, SE dan Feri Sofiyan, SH, yaitu program pemberdayaan masyarakat yang mana sub kegiatannya adalah di mana kelompok pemuda yang tersebar di seluruh Kota Bima di setiap Kelurahan akan didorong untuk melakukan kegiatan usaha produktif.

"Salah satunya adalah beternak ayam yang kebetulan teman-teman yang ada di Kelurahan Jatiwangi memilih untuk beternak ayam," ungkap Feri usai menyerahkan bantuan secara simbolis.

Dikuinya, bantuan sosial ini merupakan stimulan untuk merangsang daya inovasi dan kreativitas elemen masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi produktif. Untuk itu, dia berharap apa yang digeluti kelompok peternak ini akan menjadi inspirasi bagi kelompok lain di masyarakat walaupun jenis usahannya berbeda-beda.

"Semoga apa yang kita hajatkan hari ini dapat bernilai positif dan dapat menambah serta memiliki nilai lebih dalam menambah income perkapita penduduk," harapnya seraya menyebutkan bahwa sebagai putra daerah yang juga berasal dari Kelurahan Jatiwangi, dirinya mengaku akan memantau terus usaha yang dibangun kelompok warganya sehingga diharapkan dapat diikuiti oleh pemuda atau kelompok kelompok yang lain.

Sementara itu di tempat yang sama Kadis Pertanian Kota Bima, Ir. Darwis, secara singkat melaporkan bahwa untuk Kota Bima ada sekitar 100 kelompok ternak yang bisa terakomodir dari 250 kelompok ternak yang ada.

Dan hari ini, kata dia, secara simbolis dilakukan penyerahan program bantuan usaha ternak ayam kepada 12 kelompok yang secara simbolis diterima oleh Kelompok Tani ternak Harmoni Jatiwangi.

"Selain bibit ayamnya, kelompok peternak juga di serahkan pakan dan tempat makannya. Sementara kandangnya di sediakan secara swadaya," kata Darwis.

Penyerahan secara simbolis bibit unggas ini sebagai salah satu implementasi visi misi pemerintah daerah dalam pengembangan lapangan kerja baru sekaligus pemberdayaan kemiskinan di Kota Bima.

Jumlah kelompok ternak yang mendapat bantuan sebanyak 100 kelompok ternak ayam dengan jumlah 80.000 ekor (800 Box) dan 10 kelompok ternak entok/bebek dengan jumlah 800 ekor dan beberapa tempat pakan, minum dan vitamin, sedangkan untuk kandang merupakan swadaya dari kelompok masing-masing.

Pendistribusian bantuan dilakukan secara bertahap sebanyak 7 tahap yakni tahap pertama yang diberikan kepada 12 kelompok. Tahap ke 2 (dua) nanti pada tanggal 24 juni 2020 diberikan kepada 15 kelompok, tahap ke 3 (tiga) tanggal 1 Juli 2020 dengan jumlah 15 kelompok, tahap ke 4 (empat) pada tanggal 8 Juli 2020 dengan jumlah 15 kelompok juga, tahap ke 5 (lima) tanggal 15 Juli 2020 dengan jumlah 15 kelompok, tahap ke 6 (enam) juga dengan jumlah kelompok yang sama pada tanggal 22 Juli 2020 dan di tahap terakhir/ tahap ke 7 (tujuh) pada tanggal 29 Juli 2020 dengan diberikan kepada 10 kelompok. (GA. 003*)
×
Berita Terbaru Update