-->

Notification

×

Iklan

Baznas Kobi Salurkan Bantuan Zakat Konsumtif untuk Guru Sukarela dan Honorer

Monday, June 22, 2020 | Monday, June 22, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-07T01:42:57Z












Kota Bima, Garda Asakota.-





Guna meringankan beban warga masyarakat yang hingga saat ini masih hidup berdampingan dan terdampak cukup besar akibat wabah Corona atau Covid19, Baznas Kota Bima menyalurkan Zakat Konsumtif untuk Guru Sukarela, Honorer dan Fakir Miskin se Kota Bima. Penyaluran ini dijadwalkan mulai dilaksanakan hari ini di awali dari wilayah Kecamatan Asakota.



"In Syaa Allah Baznas Kota Bima mulai hari ini akan distribusikan zakat konsumtif untuk guru SD dan TK Negeri sejumlah 186 orang di Kecamatan Asakota, sementara untuk Guru Sukarela dan Honorer SD dan TK Swasta masih menunggu keputusan dari pengurus Baznas," ungkap Plt Ketua Baznas Kota Bima melalui Sekertaris Baznas Kota Bima, H. Muhdin, kepada Garda Asakota, Senin (22/6).




Menurutnya, yang dilakukan pihaknya ini merupakan tindaklanjut dari hasil Rakornas penanganan Covid19 yaitu mempercepat penyaluran bantuan untuk warga tertentu yang terdampak.

"Kami akan mengupayakan pendistribusian zakat konsumtif ini akan selesai hingga Jumat. Rencananya sih satu hari per kecamatan tapi mengingat sekolah buka sampai Sabtu maka akan kami bagikan hingga selesai," ucapnya.



Untuk mempercepat proses pendistribusian bantuan pihaknya melibatkan semua elemen yang ada di Baznas sembari melakukan pendataan penerima program lanjutan yaitu program bantuan untuk pemecah batu atau kerikil, penambang pasir, pengrajin bata, dan buruh pasar yang  akan dilaksanakan setelah ini.



Ia menambahkan, selain bantuan zakat konsumtif untuk Guru Sukarela, Honorer dan Fakir Miskin belum lama ini Baznas Kota Bima juga telah memberikan bantuan biaya perawatan untuk penderita TBC dan Kusta yang sedang berobat atau di rawat pada tiap Puskesmas yang ada di Kota Bima senilai Rp300 ribu per orang  yaitu Puskemas Kolo, Mpunda, Paruga, Rasanae Timur, Kumbe, Penanae dan Jatibaru Barat..

"Dengan harapan bantuan ini dapat membantu pasien penyakit menular karena rawan dan rentan terpapar Covid19 dan kenapa tidak di berikan kepada penderita yang ada di rumah karena kami fokus pada penderita yang terdeteksi oleh pihak Puskesmas saja," akunya.

Karena kaitan dengan bantuan Covid19 pihaknya harap warga masyarakat terdampak bersabar dan berdoa semoga wabah ini cepat berlalu agar dapat menjalani aktivitasnya seperti biasa sehingga roda perekonomian masyarakat kembali berputar.

Demikian juga kepada para muzakki diharapkan agar mengumpulkan zakatnya melalui lembaga pengumpul zakat yang telah di tetapkan oleh pemerintah karena sejatinya zakat yang di kumpulkan oleh para muzaki lah yang di salurkan oleh Baznas Kota Bima dalam berbagai program sosialnya selama ini termasuk pemberian bantuan untuk Guru Honorer, Sukarela, Fakir Miskin, Penderita TBC Kusta dan masih banyak lagi. "Jadi mari kita sadar zakat salurkan pada badan Amil yang telah di tetapkan pemerintah," pungkasnya. (GA. 003*)



×
Berita Terbaru Update