-->

Notification

×

Iklan

Didampingi Bupati Lobar, Gubernur NTB Luncurkan JPS Gemilang Tahap II

Sunday, May 31, 2020 | Sunday, May 31, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-31T01:20:43Z
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Forkopimda Prov.NTB, didampingi Bupati Lombok Barat juga Forkopimda Lombok Barat bertempat di Kantor Desa Penimbung Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat meluncurkan Paket JPS Gemilang II.

Lombok Barat, Garda Asakota.-

Paket Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang Tahap II Sabtu (30/05/2020) hari ini resmi diluncurkan. Sebanyak 125.000 paket bantuan tersebut dilaunching langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Forkopimda Prov.NTB, didampingi Bupati Lombok Barat juga Forkopimda Lombok Barat bertempat di Kantor Desa Penimbung Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat.

Dengan mengedepankan produk lokal, Paket JPS Gemilang tahap II ini akan segera didistribusikan ke Kabupaten/Kota di NTB. Tercatat ada 535 UKM dan IKM yang ikut berkontribusi pada JPS Gemilang tahap II ini.

Pada kesempatan itu, Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan terlaksananya JPS Gemilang tahap pertama kemarin. Bang Zul sapaan akrabnya, kembali menekankan akan pentingnya pemberdayaan UKM/IKM lokal dalam distribusi JPS Gemilang. Menurutnya, hal ini dapat menjadi pembelajaran bagi UKM/IKM agar dapat terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk-produknya.

"Kami selalu punya anggapan bahwa setiap keadaan, krisis dan kesulitan itu pasti ada peluangnya. Oleh karena itu, ini peluang untuk bagaimana kita memperkenalkan produk-produk lokal kita kepada masyarakat," ujar Bang Zul.

Ia kemudian mengajak masyarakat untuk menghargai produk-produk lokal. Bagi Gubernur, tidak mungkin industri dan usaha dapat berkembang maju jika tidak mendapat penghargaan dari masyarakatnya sendiri.

Terkait JPS Gemilang, Gubernur berharap segala kekurangan pada tahap pertama dapat diatasi dengan lebih baik pada tahap kedua kali ini. Namun di setiap kekurangan tersebut, Ia meminta masyarakat untuk menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran agar lebih baik di masa mendatang.

"Tentu akan ada masalah di JPS Gemilang, masalah membuat hidup kita menjadi dinamis, kita perbaiki, hingga JPS Gemilang Tahap Ketiga nanti lebih baik lagi , begitu juga dengan yang berikut-berikutnya," imbuhnya.

Pada JPS Gemilang tahap II ini, keterlibatan dari OPD Kabupaten/Kota menjadi suatu komponen penting. Hal ini dikarenakan Pemda tentu lebih mengerti kebutuhan di daerahnya masing-masing. Oleh sebab itu, Gubernur mengajak seluruh Kabupaten/Kota agar saling merangkul satu sama lain.

"Misi utamanya bukan jual ikannya, bukan jual kopinya tetapi memberdayakan UKM di masing-masing  Kabupaten/Kota," lanjutnya.

Pandemi Covid-19 telah memberikan hikmah tersendiri bagi masyarakat, khususnya bagi UKM/IKM di NTB yang begitu dipercaya dalam menyediakan paket bantuan JPS Gemilang. Dengan hal ini diharapkan setiap UKM/IKM dapat jauh lebih matang saat wabah corona berlalu.

"Bisa dibayangkan setelah Covid-19 ini berlalu, dengan pengalaman yang telah terakumulasi oleh UKM-UKM kita, bisa saja produk-produk yang dihasilkan bukan hanya bisa dijual di NTB bahkan bisa dijual ke seluruh penjuru Indonesia bahkan ke seluruh dunia," harap Bang Zul.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lombok Barat, H. Fauzan Khalid berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi yang telah menunjuk Desa Penimbung sebagai lokasi launching JPS Gemilang tahap II ini.

"Mudah-mudahan berkat usaha kita bersama Covid-19 ini cepat berlalu dan apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi pada hari ini adalah salah satu usaha kita untuk menolong masyarakat kita yang terdampak langsung dengan Covid-19 ini," ucapnya.

Berbagai penyempurnaan pun telah dilakukan Pemprov pada penyaluran JPS Gemilang tahap II kali ini, baik dari data penerima bantuan, kebutuhan pokok yang tahan lama serta proses distribusi kepada masyarakat. (red*).
×
Berita Terbaru Update