Dana Penanganan Covid19, Pemkot Bima Siapkan Rp27 M untuk Lima Bulan Kedepan

Suasana rapid test yang dilakukan oleh Tim Dikes Kobi di Pasar Amahami Kota Bima, Selasa (12/5). 

Kota Bima, Garda Asakota.-

Pemkot Bima telah menyiapkan anggaran sebesar Rp27 Milyar untuk penanganan Covid19 di Kota Bima. Anggaran milyaran rupiah ini terhimpun dalam dana tak terduga Pemkot Bima 2020, yang akan dikelola oleh Tim Gugus Tugas Kota Bima yang diketuai langsung oleh Walikota Bima, HM. Lutfi, SE.

Selain dihimpun dari hasil pergeseran anggaran sejumlah OPD lingkup Pemkot Bima, dana Rp27 Milyar tersebut juga dihimpun dari pergeseran dana kelurahan masing-masing sebesar Rp150 juta per Kelurahan.

"Jadi total anggaran penanganan Covid19 Kota Bima sebesar Rp27 Milyar,  yang diprediksi penggunaan anggarannya mulai April hingga Agustus mendatang," ungkap Kepala BAPPEDA dan LITBANG Kota Bima, Drs. H. Fakhrunraji, MM, kepada Garda Asakota, Rabu (13/5).

Menurutnya, anggaran sebesar itu peruntukannya untuk tiga hal pokok yakni peningkatan layanan kesehatan, jaring pengamanan sosial (JPS) dan pemulihan ekonomi. Bahwa untuk kegiatan layanan kesehatannya dimulai sejak April lalu, sementara untuk jaring sosialnya dimulai bulan Mei.

"Sedangkan untuk pemulihan ekonomi akan dlihat dampak ekonomi yang menyebabkan UMKM bangkrut atau tidak. Termasuk didalamnya jika terjadi situasi harga, maka akan dilakukan operasi pasar secara intens. "In syaa Allah, jika terjadi situasi harga maka kita akan lakukan operasi pasar secara intens dengan pihak Bulog," terangnya. (GA. 355*)

Post a Comment

Previous Post Next Post