-->

Notification

×

Iklan

Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Tengah Pandemi Covid19

Saturday, April 18, 2020 | Saturday, April 18, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-21T08:22:55Z

Oleh: Neneng Hajaratullailah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan dan selalu di rindukan kedatangannya oleh setiap umat Islam di berbagai belahan dunia, karena bulan  Ramadhan merupakan penghulu (sayyidusysyuhur) dari seluruh bulan dalam satu tahun. 

Sudah puluhan tahun kita mendapatkan bulan yang mulia ini, sesuai dengan karunia umur yang Allah Swt berikan kepada kita untuk menikmati kehidupan dunia. Sebagaimana yang di firmankan dalam surah Al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.(QS. Al-Baqarah : 183).

Tak terasa bulan Ramadhan sekarang sudah kembali berada di ambang pintu dan seluruh umat Islam sudah mulai mengadakan persiapan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan bulan yang penuh berkah dimana semua pintu neraka ditutup rapat dan di bukanya pintu surga bagi orang mukmin.

Namun dalam penyambutan bulan suci Ramadan bulan yang penuh berkah ini umat Islam di seluruh dunia harus menyambutnya dengan dilingkupi dengan kesedihan. Karena adanya tamu yang tak di undang yang mungkin akan menemani kita umam Islam selama Ramadhan nanti, bahkan beberapa bulan kedepan.

Hampir tiga bulan sudah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid19) melanda dunia yaitu Virus yang berawal dari kota Wuhan China. Yang dalam waktu singkat menyebar keberbagai Negara yang ada di berbagai belahan dunia tak terkecuali Indonesia sendiri. 

Pemerintah Indonesia pun memutuskan bahwa penyebaran Virus Corona sebagai status bencana Nasional dan kemudian mengeluarkan aturan sosial distancing guna mencegah rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19. 

Sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia mengalihkan proses belajar mengajarnya menjadi sistem online/daring, tidak hanya sekolah dan perguruan tinggi saja, tapi sejumlah perusahaan dan istansi menugaskan karyawannya untuk bekerja di rumah. 

Walaupun demikian, di tengah situasi yang sangat sulit seperti ini kita sebagai umat Islam harus tetap mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Karena bulan suci Ramadhan merupakan bulan untuk mengolah jiwa tahunan. dimana jasmani dan rohani manusia di bentuk. 

Jasmani yaitu dimana seluruh anggota bada di uji ketahanan fisik, dengan adanya larangan untuk makan dan minum mulai terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari di waktu magrib. Rohani yang mencangkup segala hal tentang semangat dan ketaatan dalam beribadah seperti sholat, mengaji, sholawat, dzikir dll.

Dengan demikian mari kita sebagai umat Islam yang ada di dunia senantiasa membersihkan jiwa dan raga kita dengan terus menigkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt. 

Jadikan bulan Ramadhan kali ini sebagai momentum untuk membenahi diri atas apa yang di lakukan pada bulan sebelumya. Dan dengan adanya wabah ini membuat kita agar selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan memperbanyak ibadah dan berbuat baik kepada sesama muslim.Dan semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan dengan tenang dan khusyu walaupun ditengah wabah Virus Corona atau Covid19. 

Penulis*Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas  Islam Negeri (UIN) Mataram)

×
Berita Terbaru Update