Melawan Petugas, Pasien RDT Reaktif Covid19 Dievakuasi ke RSJ Selagalas

Satuan Tugas (Satgas) Gugus Penanganan Covid19 Lobar saat mengevakuasi salah seorang pasien RDT reaktif Covid19 dan langsung merujuknya ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma Selagalas, Rabu 21 April 2020.


Mataram, Garda Asakota.-

Satu orang pasien Rapid Diagnostik Test (RDT) yang berstatus reaktif Corona Virus Desease 2019 (Covid19) yang berada di wilayah hukum Kepolisian Sektor (Polsek) Lingsar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat (Lobar), pada Rabu 21 April 2020, dievakuasi oleh Satuan Tugas (Satgas) Gugus Penanganan Covid19 dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma Selagalas.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto, S.Ik.,M.Si., menjelaskan pasien RDT reaktif Covid19 berinisial HM, berusia 65 tahun, warga Dusun Embung Pas Timur Desa Sigerongan Lingsar. 

"Evakuasi dipimpin oleh Kapolsek Lingsar AKP Dewi Komalasari, yang di dampingi oleh Camat beserta Dan Pos Ramil maupun anggota yang terlibat dalam satgas Covid -19 serta tim PKM Sigerongan," ujar Kombes Pol Artanto.

Menurutnya, pelaksanaan evakuasi tersebut dirasa cukup merepotkan para petugas  yang mana pasien memiliki riwayat gangguan kejiwaan dan sempat melakukan perlawanan terhadap petugas yang mengevakuasinya dengan menggunakan pisau cuter.

"Dan bahkan bukan hanya menggunakan pisau cuter saja, melainkan yang bersangkutan juga melakukan perlawanan terhadap petugas dengan menggunakan parang namun kegiatan evakuasi dapat berjalan dengan lancar berkat kesigapan tim Satgas gabungan yaitu kecamatan, Posramil dan Polsek Lingsar serta kesehatan," ungkapnya. 

Setelah melaksanakan evakuasi, lanjutnya, pasien  langsung dirujuk ke RSJ Mutiara Sukma Selagalas, selanjutnya dilakukan pengamanan oleh anggota Polsek lingsar di RSJ Mutiara Sukma Selagalas.

"Pasien HM ini merupakan orang tua dari H MSN yang saat ini bersetatus  PDP  Covid -19 dan sedang dirawat di Rumah Sakit Gerung. Setelah Sampai Di Rumah Sakit Jiwa pasien tetap dalam pengawasan  tim satgas covid-19 dan Dokter dari RSJ Selagas," tutupnya. (GA. Im*)

Post a Comment

Previous Post Next Post