Jaga Kebersihan Lingkungan, Pemdes Nggembe Terapkan Program MBGRM


Kades Nggembe, Yusuf Azis

Kabupaten Bima, Garda Asakota.- 

Guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid -19) Pemerintah Desa Nggembe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menerapkan program Minggu Bhakti Gotong Royong Masyarakat (MBGRM).

Hal ini juga dilakukan untuk menindak lanjuti Surat Edaran Bupati Bima agar dalam menghadapi penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) harus bersinergi dengan program Pemerintah Daerah dalam memberikan rasa keyakinan agar masyarakat tidak panik menghadapinya, dengan terus  menerapkan pola hidup sehat dan juga kebersihan lingkungan.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona tersebut, Kepala Desa Nggembe, Yusuf Azis, mengaku pihaknya sudah memiliki program tepat yaitu MBGRM.  Jika Pemerintah Daerah saat ini punya misi program dengan nama BBGRM yang dilaksanakan setiap tahun, maka pihaknya selaku Pemerintah Desa punya program yang sama dengan nama MBGRM.

 "Saat ini kami punya program MBGRM, program ini merupakan program wajib yang dilakukan guna membersihkan lingkungan desa dalam mengantisipasi terjangkitnya berbagai  penyakit di tengah masyarakat, disamping mengantisipasi adanya penyebaran virus corona saat ini," ungkapnya kepada wartawan,  Minggu (22/3).

Program MBGRM, diakuinya dilaksanakan bukan karena adanya isu penyebaran wabah virus Corona saat ini, namun merupakan program kerja nyata bagi pihaknya selaku Kades yang tertuang dalam visi-misi saat pencalonan sebelumnya.

"Kalau berbicara program kebersihan, memang sudah dari awal pencalonan Kades niatan ini dilakukan, bahkan kami pemerintah Desa bersama lembaga desa lainya serta masyarakat, rutinitas melakukan gerakan pembersihan lingkungan di setiap dusun setiap minggu secara begilir. Bahkan MBGRM berikutnya akan dilakukan di wilayah lingkungan jalan," katanya.

Menurut Kades Muda ini, virus corona (covid - 19) merupakan penyakit yang sangat menakuttkan saat ini oleh umat manusia di seluruh dunia. Sbab, kata dia, penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan mematikan, apa lagi covid-19 ini adalah penyakit yang mudah menular," imbuhnya.

Lanjut dia, menjaga kesehatan itu lebih penting. Untuk itu, Kades Nggembe ini berharap kepada warganya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, diri sendiri dengan pola hidup sehat. "Berbicara hidup sehat tidak lepas dari kesehatan yang berawal dari diri kita sendiri, untuk itu, sayangi diri anda dengan menjaga lingkungan agar tetap sehat," tukasnya. (GA. 444*)

Post a Comment

Previous Post Next Post