Saluran Parit Tersumbat, Kades Bersama Warga Risa Gelar Aksi Gotong Royong


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Jajaran pemerintah Desa Risa dibawah Komando Kades, Muhrim H. Ismail, bersama Babinsa Desa Risa, Bripda Suhardin serta elemen masyarakat setempat menggelar aksi gotong-royong pembersihan parit yang berlokasi di So Panca Ruba kawasan Dusun Guna Waktu hingga kawasan Dusun La Heko Desa Risa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Senin (17/02/2020).

Babinsa Desa Risa, Sertu Suhardi mengungkapkan bahwa aksi gotong-royong  ini bertujuan untuk mengantisipasi melubernya air sungai karena banyaknya sampah yang menghambat jalur air.

"Biasanya di masa awal musim hujan seperti ini air sungai meluap, makanya sebagai langkah antisipasi kita bersihkan aliran sungai dan saluran parit yang dangkal," ungkapnya.

Sementara itu, Kades Risa, Muhrim H. Ismail, menambahkan kegiatan gotong-royong yang melibatkan elemen warganya ini seharusnya dirawat dan dijaga. Disamping ada nilai keakraban yang terjalin satu dengan lainnya, juga dalam setiap pekerjaan bila dilakukan secara bersama akan terasa ringan dan tepat waktu.

Diakuinya, kegiatan gotong-oyong pembersihan ini dikerjakan secara swadaya oleh Pemdes Risa, Babinsa bersama elemen masyarakat. Karena anggaran Dana Desa belum cair, guyon Ompu Risa, warga dengan suka rela membawa sekop dan peralatan seadanya seperti pacul dan sabit untuk membersihkan parit.

Selain itu, sungai Raba Bou yang berada di Dusun Guna Waktu dianggap rawan banjir karena tebing sungai  terus terkikis akibat air kerap meluap karena banyaknya sampah dan semak belukar yang menghalangi jalur air. Kedepan dia berharap agar kegiatan gotong-royong semacam ini tetap dipertahankan dan terus digalakkan oleh masyarakat. (GA. 444*)

Post a Comment

Previous Post Next Post