Reses Anggota DPRD Dapil Asakota, Warga Usul Pembebasan Lahan untuk TPU Jatibaru Timur



Kota Bima, Garda Asakota.-

Beragam aspirasi disuarakan oleh warga masyarakat kelurahan Jatibaru Timur saat agenda reses lima anggota DPRD Kota Bima Dapil-3 Asakota masa sidang II tahun 2020, Selasa sore (18/2). Kelima anggota dewan tersebut yakni, Hj. Rini Anggriani, SE (Wakil Ketua DPRD Kota Bima), Khalid Bin Walid, Sukri Dahlan, S. Sos, Syamsuddin, dan Gina Andriani.


Sejumlah aspirasi yang berkembang itu diantaranya permintaan pembangunan kantor Kelurahan Jatibaru Timur serta usulan pengaspalan jalan kawasan terminal Jatibaru yang sudah tidak layak lagi.

"Kami minta jalan terminal Jatibaru ini diaspal dan ditata dengan baik, apalagi kawasan terminal ini juga berfungsi sebagai tempat pelaksanaan sholat ied," usul Ketua Rt.15, Syafruddin.

Selain kedua hal tersebut, ia juga meminta ketersediaan sarana lapangan olah raga karena selama ini kegiatan kepemudaan selalu memakai lahan persawahan milik masyarakat.

Kemudian usulan lain yang juga berkembang adalah pendistribusian benih tepat waktu, jangan lagi tiba setelah masa tanam selesai serta usulan pengaspalan jalan menuju rumah relokasi dan pengaspalan jalan lingkar Selatan menuju Rasabou.

Warga lainnya, Syarif meminta pemagaran permanen TPU Jatibaru karena pasca dihantam banjir bandang 2016 lalu hingga sekarang, kerusakan fasum itu belum tersentuh perbaikan.

Bahkan warga lainnya Bambang, justru mengharapkan atensi dewan Asakota untuk pembebasan lahan TPU Jatibaru Timur karena merupakan kepentingan umum yang sifatnya urgensi sekali apalagi kondisi tersebut pada reses terdahulu dirinya pernah bersama-sama dewan telah melihat langsung lokasinya.

Menjawab beragam aspirasi tersebut seorang anggota dewan Dapil Asakota, Syamsuddin menegaskan bahwa pada prinsipnya apa yang disampaikan oleh warga masyarakat itu akan menjadi atensi pihaknya berlima di lembaga legislatif.

"In Syaa Allah kami akan bekerja secara kolektif memperjuangkan aspirasi di dewan nantinya dan In Syaa Allah kami adalah figur-figur yang aspiratif siap untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat berdasarkan kebutuhan. Kami tanggalkan ego wilayah, tetapi kami berbicara Asakota secara menyeluruh," ucapnya.

Kata Syamsuddin, mengenai permintaan pemagaran TPU pihaknya berjanji akan menindak lanjutinya. Namun perlu diingatkannya bahwa mengenai masalah pembebasan lahan TPU itu terkendala oleh Permendagri No. 70 dan 90 tahun 2019 terkait dengan klasifikasi dan nomenklatur bahwa yang berkewenangan masalah pengadaan tanah kuburan, lapangan dan sebagainya tanpa fisik itu adalah pihak Provinsi.

"Saya jelaskan ini bukan berarti kita tidak ingin memperjuangkan usulan pembeasan lahan TPU, tetapi terkendala aturan," cetusnya.

Namun anggota dewan lainnya Sukri Dahlan, S. Sos,  menambahkan bahwa meskipun masalah pengadaan lahan kuburan terbentur aturan, akan tetapi dirinya berharap agar warga tetap mempercayakan hal itu kepada pihaknya untuk memperjuangkanya melalui anggota dewan Propinsi lewat intensitas komunikasi yang akan dibangun.

"Sementara untuh hal-hal lainnya tentu kami harus memilah dan memilih yang prioritas sesuai kebutuhan dan urgensi kepentingan umum," tegasnya.

Sementara itu, Khalid bin Walid, anggota dewan dari Partai Gerindra menambahkan bahwa kelurahan Jatibaru Timur akan diprioritaskan pembangunannya. "Mengingat Jatibaru Timur merupakan kelurahan yang baru lahir tentu banyak yang mesti di benahi," singkatnya.

Demikian jugan halnya yang disampaikan oleh legislator dari Partai Golkar, Gina Andriani melalui clossing statemennya. Untuk itu, ia meminta doa dan dukungan dari elemen masyarakat Jatibaru Timur agar para angota dewan Dapil Asakota selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

"Sehingga kami berlima ini dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat. Tetapi perlu juga diingat bahwa tidak semua aspirasi dapat dipenuhi, karenanya bersabarlah bila tidak terakomodir," harapnya.

Pantauan langsung Garda Asakota, kegiatan yang berakhir menjelang senja tersebut selain dihadiri oleh kelima anggota dewan Dapil Asakota juga di hadiri oleh Lurah Jatibaru Timur, Kapolsek Asakota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta Rt dan Rw se Kelurahan Jatibaru Timur. (GA. 003*)

Post a Comment

Previous Post Next Post