Lurah Sarae Ajak Para Kusir Benhur di Pangkalan Daya Indah Ikut Peduli Kebersihan


Kota Bima, Garda Asakota.-

Memantapkan dan memaksimalkan program kebersihan yang digelorakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima maka peran serta semua pihak sangat diharapkan partisipasinya termasuk para kusir benhur yang ada di berbagai titik pangkalan benhur Kota Bima. Salah satunya adalah para kusir benhur di pangkalan Daya Indah Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat.

Lurah Sarae yang baru bersama jajaran didampingi beberapa Rt dan Rw serta tokoh masyarakat setempat pada Senin pagi (17/02) berupaya melakukan pendekatan dengan para kusir benhur ini. Pagi itu, ia terlihat asyik berdialog bersama sejumlah kusir benhur pangkalan Daya Indah yang tentunya disambut hangat oleh para kusir.

Pada kesempatan tersebut Lurah Sarae, Budiman, S. Pd, menyampaikan bahwa hal ini dilakukan selain bentuk dukungan terhadap program pemerintah juga untuk menjawab keresahan warga terhadap tanggungjawab kebersihan yang dirasakan mulai menurun.

Diakuinya, dalam bincang-bincang hangat tersebut ada beberapa point yang menjadi atensi Pemerintah Kelurahan Sarae antara lain meminta kepada para kusir agar menyediakan wadah untuk menampung kotoran kuda.

Kemudian setiap orang harus bertanggungjawab penuh atas benhurnya masing-masing lalu harus ada koordinator pangkalan untuk mengingatkan rekan-rekan lainnya. "Terhitung 7 hari setelah ini, akan ada evaluasi dari Pemerintah Kelurahan," tegasnya.

Kata Lurah, ia telah menunjuk seorang koordinator di pangakalan benhur ini untuk mengingatkan rekan-rekan lainnya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jika kondisi kebersihan masih sama atau memburuk, kata dia, maka lokasi Daya Indah ini akan disterilkan dari pangkalan Benhur.

Lurah yang baru berhitung hari menjadi lurah sarae ini juga menghimbau kepada warga masyarakat setempat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

"Jika upaya-upaya persuasif dirasa sulit, tidak ada salahnya kita sedikit lebih tegas termasuk kepada pemulung yang kerap menjadikan lokasi ini sebagai tempat memilah sampah, dirinya memberi waktu 3x24 jam agar berpindah lokasi," katanya.

Terpisah salah seorang kusir benhur, M.Nor, yang dituakan di pangkalan tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kelurahan Sarae atas himbauannya dan akan siap melaksanakan himbauan dari Lurah.

"Iya Pak Lurah, kami semua In syaa Allah akan sama-sama menjaga serta sama sama membiasakan diri untuk selalu membersihkan lokasi ini sebelum pulang demi kebaikan bersama pula," sambutnya. Pantauan wartawan, dialog santai di selingi dengan canda tawa itupun akhirnya di akhiri dengan kegiatan bersih-bersih sampah secara  bergotong royong. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post