Hadapi Lomba Desa, Kades Sondosia Ajak Warga Kerjasama Bangun Desa

Kades Sondosia, Ketua Panitia Lomba Desa, dan Tokoh Pemuda Desa Sondosia.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Perhelatan kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Bima akan segera dimulai, beberapa desa di tiap-tiap kecamatan se-Kabupaten Bima kini mulai disibukkan dengan berbagai urusan dalam hal menata desanya masing-masing untuk memenuhi kriteria penilaian lomba desa tersebut, mulai dari kelengkapan administrasi desa, pelayanan kesehatan masyarakat melalui posyandu, serta kebersihan lingkungan.

Menjemput momen tersebut, salah satu desa yang berada di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, yaitu desa Sondosia sekarang ini mendapatkan amanah untuk mewakili kecamatan dalam momen lomba desa se-Kabupaten Bima.

Jauhari Irfani, SP, selaku Kepala Desa Sondosia kepada Garda Asakota terkait persiapannya dalam menjemput momen lomba desa se-Kabupaten Bima, menyatakan bahwa dirinya sekarang sangat optimis untuk membangun desa Sondosia dari berbagai aspek.

"Sekarang ini kami sedang melakukan pembenahan dari sisi internal dan eksternal pemerintah desa Sondosia, mulai dari kelengkapan administrasi desa, kedisiplinan aparatur desa, serta penataan taman desa, selain itu juga dari sisi eksternal masyarakat desa Sondosia kami harus memastikan bahwa masyarakat harus terjamin akan pelayanan kesehatan melalui Posyandu, serta terjaminnya kebersihan lingkungan hidup bagi masyarakat desa Sondosia itu sendiri," ungkapnya.

Semua itu tidak mungkin bisa di kerjakan dengan sendiri, maka dari itu melalui momen ini, dia berharap kepada seluruh masyarakat desa Sondosia untuk bahu-membahu serta bekerjasama dengan pemerintah desa Sondosia dalam membangun desa, sehingga apa yang diharapkan nantinya bisa terwujudkan demi tercapainya masyarakat yang sejahtera, baik itu dibidang kesehatan, kebersihan, lebih-lebih dibidang perekonomian.

Disisi lain Muhidin selaku ketua panitia pelaksana kegiatan lomba desa, saat dikonfirmasi oleh wartawan Garda Asakota juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan pengamatan di tengah masyarakat desa Sondosia, untuk melihat apa saja yang perlu diperhatikan dan ditata dalam mempersiapkan kegiatan lomba desa tersebut.

"Saya bersama panitia dan pemerintah desa Sondosia sudah melakukan pengamatan di tengah masyarakat beberapa hari yang lalu, berdasarkan hasil pengamatan yang kami lakukan, bahwa masyarakat desa Sondosia perlu adanya perbaikan dari segi penataan lingkungan hidup, mulai dari rabat gang, dan kebersihan lingkungan, serta kesehatan masyarakat desa," ujarnya.

Dengan adanya anggaran yang diperoleh dari pemerintah desa Sondosia melalui APBDes 2020 sebesar Rp90 juta untuk persiapan lomba desa tersebut, pihaknya akan bekerja secara maksimal dalam menata desa Sondosia kearah yang lebih baik lagi.

"Saya akan berusaha sepenuhnya untuk melakukan yang terbaik untuk desa Sondosia, akan tetapi dukungan dari masyarakat juga sangat saya butuhkan, maka dari itu, keterlibatan masyarakat lebih-lebih pemuda pada hari ini, sangat saya harapkan, agar apa yang kita rencanakan dan harapkan bisa terwujud," ucapnya optimis.

Muzakir salah satu keterwakilan pemuda desa Sondosia saat dimintai keterangan untuk menanggapi momentum kegiatan lomba desa tingkat kabupaten Bima tersebut dirinya menyatakan siap untuk mendukung pemerintah desa Sondosia dalam membangun desa ke arah yang lebih baik lagi.

Mewakili seluruh masyarakat desa Sondosia lebih khususnya pemuda akan selalu siap mendukung apapun yang menjadi tujuan baik pemerintah desa, lebih khususnya pada momen yang luar biasa ini, yang dimana pada hari ini tanah kelahiran saya (desa Sondosia Red) diberikan amanah untuk mewakili kecamatan Bolo dalam mengikuti kegiatan lomba desa se-kabupaten Bima, maka dari itu mau tidak mau keterlibatan masyarakat lebih-lebih pemuda harus proaktif dalam mendukung suksesnya kegiatan tersebut. (GA. 444*)

Post a Comment

Previous Post Next Post