Dalam Waktu Dekat, Dinas Kominfo Kobi Akan Gelar Sosialisasi Keamanan Informasi untuk ASN

Kabid Persandian Dinas Kominfo Kota Bima, Muhaimin.


Kota Bima, Garda Asakota.- 

Sebagai upaya untuk menekankan komitmen ASN dalam memilah identitas pemerintah yang layak disampaikan kepada khalayak seperti data, keakuratan pegawaian, kebijakan, dan sebagainya, dalam waktu dekat Dinas Kominfo Kota Bima akan menggelar sosialisasi keamanan informasi.

"Salah satu tujuan digelarnya sosialisasi ini nantinya untuk meningkatkan pemahaman Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Bima terhadap keamanan informasi," kata Kadis Kominfo, Ir. H. Supawarmsn, melalui Kabid Persandian Dinas Kominfo Kota Bima, Muhaimin kepada wartawan, Selasa (21/1).

Ia mengaku, melalui bidangnya dinas setempat akan melaksanakan sosialisasi tersebut dengan mengundang perwakilan ASN yang ada di tiap OPD. Adapun narasumber kegiatan tersebut akan diundang dari Badan Sandi dan Cyber Nasional.

“Rencananya akan digelar dalam waktu dekat, semoga saja tidak ada kendala berarti,” harapnya.

Ia menjelaskan, tujuan dan maksud kegiatan tersebut adalah meningkatkan pemahaman ASN terhadap keamanan informasi. Informasi yang dimaksud, yang memiliki dampak buruk seperti berpotensi ancaman, gangguan hambatan dan tantangan, baik dari sisi politik, ekonomi, sosial dan pertahanan keamanan.

“Pada akhirnya nanti muncul keseragaman tata kelola dalam aspek kerahasiaan, keaslian, keutuhan dan ketersediaan informasi. Sehingga informasi di OPD itu aman dan terkendali. Informasi yang disampaikan ASN juga bisa terpercaya dan valid,” jelasnya.

Rencana sosialisasi ini juga kata Muhaimin, mengacu pada perkembangan lingkungan strategis global, regional dan nasional. Selain itu, juga mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang ada. “Sehingga dari kegiatan ini, ke depan akan bisa dikembangkan pada dunia pendidikan dan masyarakat,” tukasnya. (GA. 212*)





Post a Comment

Previous Post Next Post