-->

Notification

×

Iklan

Sambut Hari Ibu, Solud Gelar Dialog Interaktif Peran Perempuan

Thursday, December 12, 2019 | Thursday, December 12, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-12T14:33:46Z
Hj. Indah Dhamayanti Putri SE

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Menyongsong peringatan Hari Ibu ke-91 tanggal 22 Desember 2019 mendatang, Perkumpulan Solidaritas Untuk Demokrasi (SOLUD) Bima bermitra dengan Seknas FITRA, KOMPAK dan Pemerintah Kabupaten Bima Kamis (12/12) mengadakan Dialog Interaktif Praktik Baik Peran Perempuan dalam Mewujudkan Pembangunan Desa di Ruang Rapat Bupati Bima.

Sejumlah Narasumber yang dihadirkan untuk menggali kiprah masing-masing pihak dalam pembangunan daerah, yaitu Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, sebagai pembicara kunci tentang Peran dan Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Desa dan Camat Bolo Mardiana SH memaparkan tema Fungsi Fasilitasi Kecamatan dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Desa.

Bupati Bima dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah masih perlu didorong. "Perempuan harus mempunyai SDM yang numpuni agar bisa berkiprah dan dikenal serta diakui keberadaanya," terang Umi Dinda.

Menyoal eksistensi perempuan dalam lembaga perwakilan dan instansi pemerintah, kata dia, harus memilih perempuan yang mampu bekerja dan menyuarakan kepentingan perempuan.

Narasumber lainnya, Laily Ramdhani, S.STP., Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, DP3AP2KB Kabupaten Bima memaparkan program-program Fasilitasi dan Penguatan Perempuan Desa dalam Mewujudkan Pembangunan Desa.

Juga Raani Wahyuni, ST. MT. M.Sc., Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bima yang menyajikan materi Refleksi Impelementasi Kesetaran gender dan inklusi sosial (Gender equity and social inclusion/GESI) dalam Mewujudkan Pembangunan Desa.

Tidak ketinggalan, perwakilan desa juga dihadirkan yaitu Nur Emi, Perwakilan Perempuan Disabilitas Desa Nggembe, Refleksi Keikutsertaan Keterwakilan Perempuan Disabilitas dalam Kegiatan Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) dan Sri Hardiningsih, Anggota BPD Keterwakilan Perempuan Desa Nggembe membahas topik "Tantangan BPD Keterwakilan Perempuan dalam Mewujudkan Pembangunan Desa".

Dialog bertema "Perempuan Bima Berdaya, Indonesia Maju yang dipandu Safriatna A.Ch tersebut, turut dihadiri Koordinator KOMPAK NTB Anja Kusuma dan Program Manager Seknas FITRA, Badiul Hadi. (Com*)
×
Berita Terbaru Update