-->

Notification

×

Iklan

Dinas Perkim Kota Bima Gelar Pelatihan 200 Tukang Konstruksi

Friday, December 6, 2019 | Friday, December 06, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-12-06T02:09:58Z

Kota Bima, Garda Asakota.- 

Dinas Perkim Umum Kota Bima bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB serta Balai Jasa Konstruksi Surabaya, di Aula SMKN 3 Kota Bima, Kamis (5/12) menggelar kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi.


Pelatihan yang melibatkan 200 peserta ini sebagai upaya untuk menggali informasi dan mengetahui tingkat kompetensi tenaga tukang konstruksi terkait dengan kemampuannya dalam melakukan pekerjaannya khususnya dalam bidang pertukangan.

"Kegiatan yang kita gelar selama 2 hari ini merupakan kesempatan luar biasa bagi para peserta yang hadir. Karena yang akan melatih merupakan orang terbaik dan berkompoten dari balai jasa konstruksi," ungkapKepala Dinas Perkim Didi Fakhdiansyah, ST, MT.

Dari kegiatan ini pemerintah daerah ingin mendorong tukang agar meningkatkan kemampuan bekerja, guna membantu pemerintah untuk mensukseskan program pembangunan infrastruktur. “Kegiatan ini diharapkan akan mengasah kemampuan para tukang secara SDM akan meningkat. Mutu dan kualitas pekerjaan juga dapat maksimal,” ujarnya.

Didi menuturkan, di era globalisasi ini tantangan di dunia kerja semakin tinggi, terutama pada jasa konstruksi. Karena sistem perekrutan tenaga kerja mengalami perubahan, para calon pekerja harus memiliki sertifikat keterampilan.

“Apabila tahapan pembekalan dan uji sertifikasi selesai, maka peserta akan memperoleh sertifikat sebagai pengakuan dari negara untuk bisa bekerja di bidang jasa konstruksi,” katanya.

Di tempat yang sama, Kasi Penyelenggara dan Pelatihan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya Amanda Defianti menjelaskan, pelatihan ini merupakan program untuk membantu pelaksanaan kerja pemerintah pusat dan daerah.

Ini bisa dilihat dari anggaran pembangunan fisik di Indonesia yang mencapai Rp 80 triliun setiap tahun, meliputi pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan juga perumahan dan pemukiman. “Kami optimis melalui kegiatan ini para peserta bisa menjadi tenaga profesional dan siap membangun daerah masing-masing,” tandasnya.

Pantauan langsung wartawan, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekda Kota Bima Drs. H Mukhtar Landa, MH. Pada kesempatan itu, Sekda menyematkan PIN tanda dimulainya pembekalan dan fasilitasi uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Aula SMKN 3 Kota Bima. "Saya berharap peserta yang mengikuti pembekalan agar memanfaatkan kesempatan yang langka ini dengan sebaik-baiknya," harapnya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update