-->

Notification

×

Iklan

Bertemu dengan Konjen Jepang, Wagub Bahas Kerja Sama Multisektor

Saturday, November 2, 2019 | Saturday, November 02, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-11-01T23:27:38Z
Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Hirohisa Chiba berpose bersama usai membahas berbagai peluang kerjasama bertempat di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Jumat (1/11/2019)

Mataram, Garda Asakota.-

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Hirohisa Chiba bertempat di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Jumat (1/11/2019).

Kunjungan tersebut membahas berbagai ide dan gagasan kerja sama yang sedang dan akan dilakukan Pemerintah Jepang dan Provinsi NTB. Hal-hal yang menjadi pembahasan diantaranya bidang pendidikan, pariwisata, tenaga kerja dan juga kerja sama di sektor kerajinan asli NTB.

Wakil Gubernur menyambut positif hal tersebut, terlebih menurutnya Jepang merupakan negara maju yang memiliki banyak hal positif yang bisa ditiru oleh NTB, khususnya dalam hal pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan.

"Kami ingin sampah-sampah di NTB ini dikelola dengan baik agar menjadi hal yang berguna bagi masyarakat," tutur Wagub.

Wakil Gubernur yang biasa dipanggil Umi Rohmi itu juga turut menyampaikan program unggulan Pemprov seperti Zero Waste atau bebas sampah dan juga Revitalisasi Posyandu. Ia juga turut memuji Jepang yang begitu baik dalam mitigasi kebencanaan, sehingga Wagub berharap NTB mampu meniru hal tersebut.

"Kami ingin Posyandu lebih baik lagi dan lebih berkualitas, kita berikan pemahaman dan edukasi dari Posyandu, selain edukasi dari sekolahnya juga," lanjutnya.

Mengenai pariwisata, Umi Rohmi mengungkapkan bahwa NTB terus meningkatkan penerbangan langsung dari berbagi negara. Hal itu dilakukan agar akses ke NTB dapat lebih mudah. Ia berharap berbagai kerja sama yang terjalin antara Jepang dan Indonesia, khususnya Provinsi NTB berjalan baik dan dapat terus ditingkatkan. 

"Insya Allah kalau ke NTB tidak akan menyesal, karena memang indah untuk dikunjungi," jelas Umi Rohmi.

Sementara, Hirohisa Chiba pada kesempatan itu mengaku senang bisa mengunjungi NTB. Terkait program mitigasi bencana, ia menuturkan bahwa Jepang selalu melakukan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak sekolah. 

"Setiap pemerintah daerah di Jepang melakukan pengawasan agar selalu siap apabila ada bencana," ungkapnya.

Ia mengaku mendukung program NTB Zero Waste, karena baginya pengolaaan sampah merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam usaha menjaga lingkungan.  

"Harapan kami di seluruh bidang dapat saling membantu, ada kurang lebih 100 orang Jepang yang tinggal di NTB. Mudah-mudahan kedepannya wisatawan Jepang semakin banyak yang  berkunjung ke NTB ini," harapnya. (Hum*)
×
Berita Terbaru Update