Dikbudpora Kabupaten Bima Gelar Pemilihan Duta Guru Hebat tingkat SMP


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pemilihan Duta Guru Hebat tingkat SMP lingkup Dikbudpora Kabupaten Bima diadakan di halaman kantor Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Senin (29/7). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, para Kepala UPT Dikbudpora, Kepala Seksi PAUDNIPORA Kabupaten Bima, serta para guru yang mengikuti ajang kegiatan tersebut.


Menurut Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos, MM, pemilihan Duta Guru Hebat yang dilaksanakan pihaknya ini sebagai upaya bersama dalam rangka menciptakan wadah maupun guru yang professional sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Mengingat keberadaan seorang guru menentukan maju dan mundurnya pendidikan di Tanah Air. Untuk itu, pengembangan karier guru sebagai upaya pemerataan distribusi dan peningkatan mutu pendidikan harus terus ditingkatkan. "Guru merupakan ujung tombak pelaksana kurikulum di depan kelas, sebab itu guru sangat menentukan mutu pendidikan," tegasnya.

Diakuinya, tuntutan dan kebutuhan guru yang profesional di lingkungan SMP dirasakan sangatlah besar sehingga menuntut para guru yang dapat bekerja secara profesional dalam rangka menciptakan generasi penerus bangsa.

Dengan begitu banyaknya program yang  telah diupayakan untuk memperbaiki kondisi tersebut menunjukkan bahwa kualitas guru-guru di sekolah, misalnya peningkatan kualifikasi pendidikan harus ditingkatkan, mencetak Sumber Daya Manusia yang ada  sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas guru itu sendiri.

Profesionalitas guru berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalitas guru sangat tergantung pada pengembangan karier yang memperlihatkan kompetensi pada tiap bidang. "Peran guru dalam dunia Pendidikan sangat berpengaruh dengan sukses atau tidaknya pendidikan tersebut kedepannya. Bagaikan kapal yang sedang berlayar, guru adalah nahkoda yang mengarahkan, membimbing dan memberi petunjuk ke awak kapalnya agar kapal tersebut dapat berjalan dengan baik menuju tempat tujuannya," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Pendidikan dan Kependidikan lingkup Dikbudpora Kabupaten Bima, DR. Juwaidin Ismail, M.Pd, lebih lanjut menjelaskan bahwa ajang pemilihan Guru Hebat tersebut digelar dalam rangka penilaian terhadap para guru hebat yang ada di lingkup SMP terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai tenaga pengajar dan pendidikan.

Dari seleksi yang dilakukan ini, kata dia, diharapkan akan mendapatkan para guru hebat dalam hal bidang pendidikan sehingga kedepannya mutu pendidikan dapat ditingkatkan. Direncanakan kegiatan ini akan dilakukan selama 2 (dua) hari dengan materi yang dilombakan terdiri dari materi tanya jawab dan wawancara.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Kabid Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK)  Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, H. Asraruddin, SH. M.Pd. Ia menegaskan bahwa meningkatkan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yaitu guru, orang tua, masyarakat dan didukung oleh pemerintah. "Peran guru, orang tua, dan masyarakat sangatlah penting bagi dunia pendidikan, agar siswa siswi kita yang di sekolah bisa memberikan kontribusi untuk bangsa dan negara," tambahnya.

Dia menekankan bahwa permasalahan tentang pendidikan, perannya bukan hanya dilakukan di sekolah tapi orang tua dan masyarakat juga harus ikut membantu. Sedangkan di sisi lain, peran guru sebagai pengarah pendidik dalam hal ini harus membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan. "Guru harus juga berperan sebagai motivator, ini bertujuan untuk meningkatkan kegairahan dan pengembangan-pengembangan kegiatan belajar siswa," tandasnya. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post