-->

Notification

×

Iklan

Hadiri Peringatan Harganas ke-XXVI tingkat NTB, Gubernur Puji Kabupaten Bima

Sunday, June 30, 2019 | Sunday, June 30, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-06-30T10:48:54Z
Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

"Peringatan  Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-XXVI Tahun 2019 tingkat Provinsi NTB berlangsung, Minggu, (30/6) di halaman kantor Bupati Bima. Acara yang penuh semarak ini dihadiri oleh Deputi KSPK RI, Dr. dr. Muhammad Yani, M.Kes, Gubernur-Wakil Gubernur NTB, Kepala Daerah se-provinsi NTB serta jajaran Muspida Kabupaten Bima dan para Kepala OPD dan Staf lingkup Pemkab Bima.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan bahwa Harganas ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014 yang hakikat peringatannya bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja, dan swasta tentang pentingnya pembentukan karakter sejak dini untuk mewujudkan pelembagaan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera melalui penerapan 8 (delapan) Fungsi Keluarga.

Adapun tema yang diusung dalam peringatan harganas tahun 2019 yaitu "Semangat Harganas Momentum Bersama Meraih NTB Gemilang Menuju Bima RAMAH. Tema ini, kata Bupati, merupakan refleksi dari pemaknaan atas ungkapan "baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur" negeri bertabur nilai Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal; dimana hidup dan kehidupan masyarakatnya dipenuhi hikmah dan keberkahan.

Bupati menegaskan bahwa, guna mewujudkan visi tersebut, dibutuhkan sinergi dari segenap perangkat pemerintah dalam menjalankan delapan misi pembangunan yang akan ditempuh, serta menjadi arah dan kebijakan RPJMD NTB 2018-2023. Kedelapan misi tersebut, yakni pertama percepatan pembangunan dengan konsep membangun yang transparan serta  percepatan perwujudan masyarakat madani yang beriman dan berkarakter dengan prinsip dasar menghargai kemanusiaan, keberagaman dan kesetaraan gender yang proporsional.

Pada konteks Bima RAMAH, searah dengan pembangunan keluarga secara terencana dan berkelanjutan sebagai titik awal dari pemajuan masyarakat secara luas, visi pemajuan Bima RAMAH telah tercover dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 difokuskan  pada 5 (Lima) prioritas pembangunan seperti pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, peningkatan pertumbuhn ekonomi daerah melalui optimalisasi pemanfaatan potensi daerah terutama dari hasil pertanian, perikanan, pariwisata dan ekonomi kreatif dan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana perkantoran.

Selain itu, kata dia, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan perwujudan kehidupan masyarakat yang aman, tertib, harmonis dan berkeadilan. Bupati Bima berharap peringatan Harganas ini, spirit dan komitment tersegarkan kembali untuk membina dan memajukan keluarga sebagai satuan terkecil dari masyarakat  agar menjadi kekuatan utama dalam mewujudkan masa depan yang gemilang.

Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pekerjaan Rumah (PR) besar manusia yakni belajar untuk menjadi manusia yang baik dalam kehidupan. Hal tersebut berbanding lurus dengan pemaknaan bahwa tantangan terbesar untuk menjadi "baik" dan mencetak "generasi baik" adalah optimalnya pembinaan keluarga melalui perekatan kasih sayang dan ketersediaan ruang kebersamaan dengan keluarga.

Gubernur juga menyampaikan pujian bahwa Kabupaten Bima sanggup menunjukkan rasa kekeluargaan yang tinggi, menjaga harmoni dengan cukup indah ditengah pluralitas suku, agama dan Ras masyarakat. "Rasa kekeluargaan di Bima amat kental, masyarakatnya mampu hidup rukun dan damai sebagai hakikat dari rasa kekeluargaan. "Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan utama penetapan Kabupaten Bima sebagai pusat dihelatnya Peringatan Harganas XXVI Tingkat Provinsi NTB," ungkapnya.




Sementara itu, Hj. Niken Saptarini, SE., M.Sc selaku Ketua TP PKK Provinsi NTB dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terimakasih dan penghargaan kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bima yang telah memberikan daya dukung maksimal menyukseskan Harganas Tingkat Provinsi NTB.

Ketua TPPKK juga menyampaikan bahwa momentum Harganas memberi inspirasi dan penyadaran akan betapa pentingnya keluarga sebagai media pendidikan dan pembinaan sehingga generasi masa depan yang melanjutkan estafet pembangunan bangsa memiliki karakter luhur dan SDM yang mapan.

Setelah menyampaikan sambutan, Hj. Niken kemudian menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 100 orang Balita Stunting. Bantuan dimaksud berupa kebutuhan sehari-hari dan susu nutrisi.

Penyerahan hadiah lomba Apresiasi Penulisan Artikel Program KKBPK dilakukan oleh Dr. Zulkiflimansyah (Gubernur NTB) kepada Ahmad Nurhalim, S.IP (PKB Kab. Sumbawa). Hadiah Apresiasi Pengelolaan Kampung KB Terbaik tahun 2019 diberikan kepada Kampung KB Ndai Wawo Desa Wawonduru Kec. Woja Kab. Dompu serta penyerahan Alat-alat Teknologi Tepat Guna dari BKKBN RI kepada Kelompok UPPKS di Kabupaten Bima dan Kota Bima, antara lain, kelompok UPPKS Rizki Desa Belo, kelompok UPPKS Mawar Desa Dore, kelompok UPPKS Kalate Desa Cenggu, kelompok UPPKS A. Rahman Desa Talabiu, kelompok UPPKS Bandeng Desa Penapali, kelompok UPPKS Kalindoro Ndawa Keluruhan Kodo Rasanae Timur Kota Bima, kelompok UPPKS Bina Usaha Panggi Kecamatan Mpunda Kota Bima, kelompok UPPKS Mamachi Sadia Mpunda Kota Bima, kelompok UPPKS Mataho Pane Rasanae Barat Kota Bima dan kelompok UPPKS Kamboja Rabadompu Rasanae Timur Kota Bima. (GA. 212*)


×
Berita Terbaru Update