-->

Notification

×

Iklan

Lomba Masak Serba Ikan dan Parade Perahu Hias Warnai Peringatan HUT Kobi ke-17

Monday, April 8, 2019 | Monday, April 08, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-04-08T04:21:00Z




Kota Bima, Garda Asakota.-

Berbagai kegiatan lomba dilaksanakan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Bima ke-17 tahun 2019, salah satunya lomba masak atau kreasi menu serba ikan yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima dan parade perahu hias oleh Dinas Pariwisata Kota Bima.


Plt. Kabag Humaspro Pemkot Bima, H. A. Malik, SP, MM, menjelaskan bahwa lomba digelar di Pantai Lawata, Minggu, 7 April 2019 berlangsung meriah, dibuka oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH. Hadir perwakilan Kementerian Pariwisata RI, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Pimpinan DPRD Kota Bima, instansi vertikal, pejabat lingkup Pemerintah Kota Bima serta unsur BUMN/BUMD.


Sebanyak 100 peserta lomba perahu hias merupakan nelayan sekitar teluk Bima, yakni dari Kelurahan Kolo, Ule, Melayu, Tanjung, dan Dara. Sedangkan lomba masak serba ikan diikuti 43 kelompok, yakni 41 kelompok dari Tim Penggerak PKK Kelurahan, 1 kelompok dari anggota Persit Candra Kirana dan 1 kelompok dari anggota Bhayangkari.


Festival ini mendapat sambutan antusias dari pengunjung, mulai pukul 07.00 WITA masyarakat sudah menanti parade perahu hias dan lomba masak serba ikan di Pantai Lawata.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima Sunarti, S. Sos, MM, melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan menghiduplan kembali akar budaya maritim masyarakat Bima yang merupakan warisan leluhur. Kehidupan masyarakat Bima kental akan nuansa maritim dan agamais, sehingga diharapkan agar masyarakat Bima lebih mencintai laut.


Kegiatan disponsori oleh PT Tukad Mas, BRI Cabang Bima, BNI Cabang Bima, Bank NTB Syariah, Bank Mandiri, PLN Cabang Bima, Pelindo, Bank Sinar Mas, CV Padolo Motor, PD BPR NTB, PT Pos Indonesia, Garuda Indonesia Cabang Bima, PT Pegadaian, Surya Motor, Toko Sumber Karya, PELNI, TELKOMSEL, PAJAK, dan Bagian Umum Setda Kota Bima.


Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba masak serba ikan dan parade perahu hias ini mengandung tiga dimensi makna yaitu, menggali kembali nilai sejarah yang berkaitan dengan budaya Bima, nilai filosofi, dan nilai edukasi. "Masyarakat Bima adalah masyarakat pelaut dan gemar makan ikan. Semoga kegiatan ini bisa tetap dilestarikan dan dapat memberikan nilai edukasi yang baik bagi generasi muda kita", kata Wakil Walikota. Diharapkannya, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata di Kota Bima.

 Untuk lomba masak serba ikan, TP PKK Kelurahan Kumbe berhasil meraih Juara I dan mendapat hadiah uang tunai senilai Rp. 2.750.000,-. Juara II diraih oleh TP PKK Kelurahan Kolo dengan hadiah uang tunai senilai Rp 2.500.000,-

Juara III diraih oleh Persit Candra Kirana dengan hadiah uang tunai senilai Rp 2.000.000,. Juara IV diraih oleh TP PKK Kelurahan Dara dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.750.000,-. Juara V diraih oleh Bhayangkari dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.500.000,-

Juara VI diraih TP PKK Kelurahan Sambinae dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.250.000,-. Juara Kreativitas terbaik diraih oleh TP PKK Kelurahan Nae dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000,-. Juara Favorit diraih oleh TP PKK Kelurahan Tanjung dengan hadiah uang tunai senilai Rp 1.000.000. Selain hadiah berupa uang tunai, para juara mendapatkan hadiah hiburan dari BNI dan BKIPM. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update