NOTA PENGANTAR LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN BUPATI BIMA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2018



BUPATI BIMA
NOTA PENGANTAR
LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN
               BUPATI BIMA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2018
Disampaikan pada
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bima
30 Maret 2019
Bismillahhirrahmaanirrahiim.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang Kami Hormati
·     Pimpinan dan Segenap Anggota DPRD Kabupaten Bima;
·     Wakil Bupati Bima;
·     Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima dan Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Bima;
·     Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Para Kepala Bagian, Camat, Pejabat Eselon III dan IV serta Staf Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima;
·     Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD;
·     Ketua Majelis Ulama Indonesia dan Organisasi Keagamaan;
·     Pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Organisasi Pemuda dan Wanita;
·     Para Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPMD, dan Karang Taruna atau perwakilan lembaga masyarakat se-Kabupaten Bima;
·     Rekan-rekan Insan Pers;
·     Hadirin Sidang Dewan Yang terhormat.
Pertama-tama perkenankan saya mengajak hadirin untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala rahmat dan kasih sayang-Nya kita yang hadir dalam sidang yang terhormat ini berada dalam keadaan sehat walafiat, dan dapat mengikuti Rapat Paripurna Dewan dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah akhir Tahun Anggaran 2018.
Shalawat dan salam senantiasa kita sampaikan kepada Junjungan Alam Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa umat manusia dari alam yang gelap gulita ke dalam dinul Islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaat pada Yaumil Qiyamah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Hadirin Sidang Dewan Yang Berbahagia,
Tidak terasa, sudah tiga tahun kita mengayuh bersama dalam membangun daerah ini. Tentu saja sudah banyak ikhtiar dan karya nyata yang ditorehkan secara konsisten, terpadu dan berkesinambungan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan maupun sosial kemasyarakatan demi mewujudkan Kabupaten Bima yang RAMAH (Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal). Namun demikian, kita juga tidak menafikkan bahwa masih banyak aspek yang perlu dibenahi dan di tingkatkan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Dou labo Dana Mbojo” yang kita cintai.
Untuk itu, ijinkan saya bersama Bapak Wakil Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bima yang telah menjalin komunikasi yang baik selama ini. Demikian pula kepada para unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) yang telah memberikan dukungan penuh bagi terciptanya suasana keamanan dan ketertiban yang kondusif, sehingga agenda pembangunan yang kita hajatkan bersama dapat berjalan aman, lancar dan efektif bagi kemajuan daerah.
Hadirin Sidang Dewan Yang Terhormat,
Pada kesempatan yang berbahagia ini perlu saya sampaikan bahwa dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bima atas dukungan legislatif, secara bertahap telah mampu menciptakan peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Kondisi ini dapat dicermati dengan melihat pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
Pada tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bima berada pada kisaran 5,12% dan meningkat menjadi 5,98% pada tahun 2017 kemudian pada tahun 2018 meningkat menjadi 6,02%. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi Kabupaten Bima sudah berjalan sesuai dengan rencana, dimana selama ini sektor pertanian secara umum sebagai sektor yang memberikan kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) paling besar di Kabupaten Bima dengan rata-rata sebesar 44,26%. Selanjutnya laju inflasi di Kabupaten Bima cukup stabil sebesar 4,08%. Hal ini berdampak pada penyediaan kebutuhan 9 (sembilan) bahan pokok yang tercukupi, ditandai dengan meningkatnya daya beli masyarakat.
Angka kemiskinan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir terus mengalami penurunan, pada tahun 2016 sebesar 15,31%, tahun 2017 sebesar 15,10% dan tahun 2018 menjadi 14,84%. Terjadinya penurunan angka kemiskinan ini tidak terlepas dari upaya semua pihak dalam rangka melaksanakan program penanggulangan kemiskinan dengan sasaran yang tepat melalui peningkatan kapasitas SDM, penciptaan wirausaha baru, penciptaan lapangan kerja baru dan pemberdayaan ekonomi kreatif dengan catatan ke depan akan terus  dioptimalkan lagi pencapaian program yang tepat sasaran.
Demikian halnya aspek kualitas pembangunan manusia yang terus mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2015 berada pada angka 63,48 dan menjadi 64,15 pada tahun 2016. Angka ini terus mengalami peningkatan menjadi 65,01 di tahun 2017 dan berada pada 65,66 ditahun 2018.
Hadirin Sidang Dewan Yang Terhormat,
Selain capaian yang kita raih selama kurun waktu 3 tahun itu pemerintah Kabupaten Bima pada tahun 2018 juga mencatat beberapa prestasi yang membanggakan antara lain:
·        Di bidang pengelolaan keuangan, sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Bima secara berturut-turut berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI;
·        Di bidang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Pemerintah Kabupaten Bima  memperoleh penghargaan dari Kementerian PAN & RB Republik Indonesia dengan predikat  B, meningkat satu tingkat dibanding tahun 2017 dengan predikat CC. Penilaian ini mengandung makna bahwa pelaksanaan program baik bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan telah menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi yang berorientasi pada hasil, telah menunjukan peningkatan hasil yang baik;
·        Di bidang kualitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) perangkat daerah Kabupaten Bima, mengalami peningkatan level maturitas (kematangan) SPIP dari level 2 menjadi level 3;