-->

Notification

×

Iklan

Bappeda dan Litbang Kota Bima Gelar Forum Perangkat Daerah Tingkat Kota Bima

Thursday, March 21, 2019 | Thursday, March 21, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-03-21T04:22:21Z



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Kota Bima menggelar Forum Perangkat Daerah Tingkat Kota Bima. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima Drs. H. Alwi Yasin, M.AP, Kamis, 21 Maret 2019, di aula Kantor Walikota, mengusung tema. “Harmonisasi Perencanaan Partisipatif dan Teknokratif Menuju Perencanaan yang Berkualitas tahun 2020”. "Kata kunci peningkatan kinerja perencanaan pembangunan adalah inovasi”, demikian ditekankan oleh Asisten II Setda Kota Bima.

Asisten II menekankan tiga hal yang perlu menjadi perhatian yakni  Visi dan misi RPJMD 2018-2023 harus menjadi acuan bersama rembuk hari ini, ketersediaan data yang akurat untuk menetapkan policy; serta perumusan cara yang efektif untuk mencapai tujuan.


Kinerja perencanaan harus mengedepankan inovasi. Dirinya mencontohkan Kota Makassar yang mengajukan 100 inovasi perencanaan dan 30 diantaranya disetujui oleh Pemerintah pusat sehingga mendapatkan daerah tersebut mendpatkan Dana Insentif Daerah paling tinggi.



Ia pun meneruskan arahan Walikota bahwa ada 9 bidang prioritas pembangunan untuk ditingkatkan, yakni pendidikan, kesehatan, pembangunan budaya, peningkatan ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, reformasi birokrasi, pemantapan infrastruktur dan perumahan rakyat, penanggulangan bencana, dan pembangunan keagamaan. “Saya ucapkan selamat berdiskusi. Semoga kegiatan ini membawa hasil sesuai yang diharapkan serta mampu menghasilkan rumusan perencanaan yang efektif dan bermanfaat”, tutup Asisten II. Forum kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi yang dipandu Kepala Bidang Perekonomian dan Infrastruktur Bappeda Litbang Kota Bima Jefris, SE, M.Si.


Menurut Plt. Kabag Humaspro Pemkot Bima, H. A. Malik, SP,  acara ini selain dihadiri Staf Ahli Walikota Bima juga hadir anggota DPRD Kota Bima, Drs. Taufik A. Karim, pimpinan perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima beserta Sekretaris dan/atau Kasubbag Program, para Camat dan Lurah.

Pada kesempatan itu, kata dia, Kepala Bappeda Litbang Kota Bima Ir. Darwis menjelaskan, Forum Perangkat Daerah merupakan salah satu tahapan yang ditempuh sebelum dilaksanakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota.

Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Mendagri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Forum Perangkat Daerah dimaksudkan untuk membahas rancangan rencana kerja (renja) Perangkat Daerah, dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan renja Perangkat Daerah Kota Bima, yang difasilitasi oleh Perangkat Daerah terkait.

Tujuan dari Forum Perangkat Daerah adalah menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di Kecamatan, mempertajam indikator serta target program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah; dan  menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah. Melalui Forum ini diharapkan adanya sinergi perencanaan yang terpadu antara Perangkat Daerah dengan hasil-hasil Musrenbang Kecamatan, sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat terwujud.
(GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update