-->

Notification

×

Iklan

Tiga Tahun Terakhir STKIP Tamsis Dapat Hibah Penelitian dan Pengabdian Kementerian Ristek Dikti

Thursday, February 28, 2019 | Thursday, February 28, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-29T06:38:28Z









Kabupaten Bima, Garda Asakota.-








STKIP Taman Siswa sudah 3 tahun terakhir selalu mendapatkan Hibah Penelitian dan Pengabdian yang dikompetisikan oleh Kemenristekdikti setiap tahun bagi seluruh dosen di Indonesia. Tahun 2019 ini STKIP Taman Siswa Meloloskan 12 Proposal yang di dalamnya terdapat 2 Proposal Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT) yang sangat prestisius nilai pendanaannya serta kualitas judul penelitian yang cukup baik dengan tema yang relevan dengan kondisi permasalahan pendidikan saat ini.





Dr. Ibnu Khaldun, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, menyebutkan bahwa pengusul Hibah PKPT antara lain Endang Susilawati, M.Pd yang berjudul "Perangkat pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis mahasiswa". Selain itu, kata dia, penelitian PKPT diperoleh Siswanto, M.Pd dengan judul "Pengembangan Model Eksperimen Inkuiri Berbasis Real World Problem dengan Kombinasi Setting Kegiatan".






Penelitian yang lolos hibah tahun ini juga adalah SKIM Penelitian Dosen Pemula (PDP) terdapat 9 tim yang lolos dengan judul bervariasi,  Asriyadin S.Pd, M.Pd berjudul "Pengembangan perangkat  pembelajaran fisika  berbasis kearifan lokal  menggunakan pendekatan  neuroscience  pada siswa SMA",  Fitria Sarnita S.Pd, M.Pd dengan judul "Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif" yang berasal dari program studi Pendidikan Fisika.





Selanjutnya yang lolos adalah Sulfahri, S.Pd, M.Pd dengan judul "Studi terhadap ornamen pada situs Wadu Pa’a dengan metode karya Wisata di kelas X SMA  Negeri 1 Woha",  Ita Fitriati, S.Kom, M.T berjudul "Perancangan Almihjam Expert System Penentuan Titik Bekam Basah Menggunakan Logika Fuzzy Forward Chaining".





Judul yang lain yang sangat menarik seperti yang diusulkan oleh Ika Irawatu, M.Pd "EFEKTIVITAS PERMAINAN ACT-POLY DALAM MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMA MUHAMMADIYAH KOTA BIMA".





Kemudian penelitian PDP yang lain yaitu Hairunisa, S.Pd, M.Pd dengan judul studi "Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PROJECT BASED LEARNING) sebagai inovasi pembelajaran  pada mata kuliah  konsep dasar IPA", Arif Didayad, S.Pd, M.Pd "Pengembangan bahan ajar model Problem Based Learning (PBL) berbasis mind mapping dalam membiasakan berpikir logis bagi mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian".





Fitri Ningsi, S.Pd., M.Pd dengan judul " peningkatan kreativitas  dan PENINGKATAN KREATIVITAS DAN SELF-EFFICACY mahasiswa  pada mata kuliah WRITING IV Melalui pembelajaran generatif  berbasis masalah terbuka" dan yang terakhir adalah Muhamad Ajwar, M.Pd "Penerapan metode Open ended untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar  IPA".





Menurut Ibnu, selain lolos hibah penelitian PKPT dan PDP, STKIP Taman siswa Bima juga meloloskan 1 Proposal Pengabdian SKIM Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Oleh ARIF HIDAYAD S.Pd, M.Pd dengan judul "“WORKSHOP” Penyusunan Instrumen Evaluasi Otentik pada Pembelajaran K-13 Berbasis Online (e-instrument) Bagi Guru SMP di Kabupaten Bima Propinsi NTB" Judul PKM ini sangat menarik untuk meningkatkan kualitas guru khususnya di Bima, oleh karena itu, PKM ini peluang juga bagi pemda untuk mengembangkan kerjasama dengan Tamsis untuk mengembangkan kualitas guru.





Menurut Anisah, M.Pd selaku Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian  STKIP Taman Siswa Bima bahwa pada tahun ini secara kuantitas proposal yang lolos sama dengan tahun yang lalu, tetapi dari segi SKIM proposal yang lolos ada peningkatan, karena ada dua orang dosen yang lolos SKIM PKPT yang nilai pendanaannya ratusan juta per proposal.





Selain itu juga terdapat satu dosen yang mampu meloloskan proposal penelitian sekaligus pengabdian yaitu Arif Hidayat, S.Pd.,M.Pd, dengan perolehan Hibah PKPT yang naik 100 porsen ini juga akan memberi peluang menaikan level Cluster Hibah STKIP Taman Siswa dari Binaan ke cluster Madya, yang mana cluster madya ini dapat mendapatkan dana secara rutin setiap tahun dari Dikti yang akan dikompetisikan secara internal perguruan tinggi. 





"SKIM PKPT juga mendorong adanya output berupa seminar Internasional yang diikuti oleh Dosen penerimah Hibah dan Penyelenggaraan Seminar Nasional di Perguruan Tinggi Penerima hibah," ujar Arif Hidayat, S.Pd.,M.Pd, selaku Sekertaris LPPM STKIP Taman Siswa. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update