-->

Notification

×

Iklan

Musrenbang tingkat Kecamatan di Kabupaten Bima Mulai Digelar

Wednesday, February 20, 2019 | Wednesday, February 20, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-02-20T12:40:54Z


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) se-Kabupaten Bima mulai digelar. Selasa (19/2) berlangsung  Musrenbang tingkat Kecamatan Belo Tahun 2020  di aula Kantor Camat Belo yang dihadiri Kepala Bappeda dan Litbang, Anggota DPRD Kabupaten Bima M. Natsir, S.Sos (Anggota DPRD Kab Bima/PAN) dan Syaifullah, S.Ag (DPRD/PKS), perwakilan OPD, UPTD dan desa, Kegiatan yang sama juga berlangsung paralel di Kecamatan Woha.

Bupati Bima yang diwakili Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima, Drs. H. Muzakkir, M.Sc, menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan satu hal yang strategis untuk diikuti oleh seluruh desa karena memiliki anggaran tersendiri. Namun demikian dalam sisi perencanaan rencana strategis, Camat memiliki kewenangan koordinatif dan konsultatif. 

Mengacu kepada data statistik, bawang merah Bima menyumbang 35% kebutuhan bawang nasional dan Kecamatan Belo merupakan lumbung pangan bawang di Kabupaten Bima. "Oleh karena itu perhatian pada sektor pertanian seperti perbaikan irigasi dan menjamin ketersediaan pupuk di Belo sangat penting," ungkapnya. Mengingat saat ini sudah diterapkan  E-planning, perhatikan usulan prioritas. "Bappeda siap mengawal usulan dari kecamatan Belo," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Camat Belo Ruyani SH, dalam pengantarnya memaparkan, bahwa Musrenbang merupakan sebuah proses terencana, sistematis guna menentukan masa depan wilayah dengan memperhitungkan SDM, SDA dan kapasitas keuangan. Di kecamatan Belo, masalah areal hutan dan pemukiman sembrawut, banjir dan kelangkaan pupuk dan masalah sosial merupakan masalah yang urgen untuk dikurangi bersama, salah satunya melalui forum Musrenbang. Musrenbang ini penting untuk mendapatkan masukan skala pembangunan desa untuk selanjutnya dibahas pada tingkat kecamatan," kata Ruyani. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update