-->

Notification

×

Iklan

Bappeda Kabupaten Bima Adakan Workshop Fasilitasi Penyusunan RPTK

Thursday, January 31, 2019 | Thursday, January 31, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-01-31T06:14:19Z



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Mengawali proses perencanaan tahun ini, Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima mengadakan Lokakarya Fasilitasi Penyusunan Rencan Pembangunan Tahunan  Kecamatan  (RPTK) Tahun 2020 sebagai upaya peningkatan kapasitas aparatur kecamatan. Lokakarya ini melibatkan 23 peserta utusan dari 18 kecamatan di Kabupaten Bima.

Kepala Bappeda melalui Sekretaris Bappeda, H. Fahruddin, S.Sos, MAP mengatakan, bahwa kecamatan sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah di tingkat kecamatan memiliki peran strategis dalam menjaring dan mengkoordinasikan aspirasi yang berasal dari tingkat desa untuk ditindaklanjuti pada tingkat yang lebih tinggi.


Workshop ini adalah persiapan implementasi penuh pelimpahan sebagaian wewenang pemda kepada kecamatan dan implentasi Kecamatan sebagai OPD tersendiri. "Diharapkan mulai tahun depan kecamatan sudah mampu melakukan tupoksinya secara meyeluruh sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," jelas Fahrudin.

Kabid Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya Raani Wahyuni, ST,MT, MSc menambahkan bahwa dalam workshop ini aparatur kecamatan ditingkatkan kapasitasnya sehingga memahami alur perencanaan dan penganggaran secara komprehensif dalam Musrenbang kecamatan Pebruari 2019 mendatang.

Soal materi, kata dia, workshop mencakup refresh pandangan tentang tugas dan kewenangan kecamatan, penyusunan Rencana Kerja (Renja), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan penyusunan program kegiatan serta sumber penganggaran sesuai dengan Tupoksi kecamatan. "Melalui workshop ini juga kita mengharapkan kecamatan mampu menjadi OPD yang handal melakukan koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan desa-desa di wilayahnya terutama menjelang Musrenbang," urai Yuni. (GA. 212*)


×
Berita Terbaru Update