-->

Notification

×

Iklan

STISIP Mbojo Bima Kembali Mewisuda 229 Sarjana Baru

Saturday, December 29, 2018 | Saturday, December 29, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-12-29T11:21:44Z

Kota Bima, Garda Asakota.- 

Tak henti hentinya lembaga Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima terus melahirkan generasi intelektual terbaik di wilayah Kota dan Kabupaten Bima. Jika di bulan April tahun 2018 lalu, Kampus STISIP Mbojo Bima telah mewisuda ratusan insan intelektual, kini di bulan Desember tahun 2018 STISIP Mbojo Bima kembali mewisuda 229 orang Sarjana baru dengan rincian 189 orang Sarjana Sosial (S. Sos) dan  40 orang S.Ikom.  "Ini artinya lembaga STISIP Mbojo terus melaksanakan tanggung-jawabnya sebagai bentuk perwujudan kepada Bangsa dan Negara sekaligus sebagai wujud karya utama bagi STISIP Mbojo Bima," tutur Ketua Lembaga STISIP Mbojo Bima, Drs. Mukhlis Ishaka M. AP, saat menyampaikan sambutannya di acara Dies Natalies ke-24 wisuda sarjana angkatan ke-XL tahun 2018, Sabtu (29/12) di aula Alumni STISIP Mbojo Bima.


Wisuda kali ini diakuinya, merupakan momentum yang sangat penting dan bermakna dalam dunia pendidikan, terutama sekali bagi keluarga yang diwisuda. Artinya momen tersebut harus dimaknai sebagai berakhirmya tugas dan tanggung jawab STISIP Mbojo Bima dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi insan yang berilmu dan berahlak mulia," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Mukhlis secara panjang lebar memaparkan beberapa prestasi yang membanggakan bagi STISIP Mbojo diantaranya sukses mengantongi Akreditasi B Institusi terbaik di wilayah Sumbawa. Karena kata Mukhlis, tidak ada PT yang mampu mencapai akreditasi institusi B selain STISIP Bima. Selain memiliki akreditasi yang membanggakan, STISIP juga memiliki prestasi lain yakni prestasi dosen STISIP Mbojo yang sukses meloloskan 24 proposal penelitian dan pengabdian masyarakat di Kemenristek DIKTI pada tahun 2018. Dimana terjadi peningkatan dibandingkan di tahun 2017 yang hanya mendapat 13 paket penelitian. "Tentu ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi lembaga STISIP Mbojo Bima yang terus memperoleh berbagai tropi dalam menciptakan alias melahirkan para kaum intelektual di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi Bangsa dan Negara." tutur Mukhlis.

Tidak hanya itu, beberapa prestasi lain yang diraih, yakni memperoleh dana PP-PTS berupa sarana dan prasarana perkuliahan dari Direktorat Kelembagaan Kemenristek Dikti dengan menyisihkan perguruan tinggi swasta lain di seluruh Indonesia, dalam hal ini pencapaian yang sangat membanggakan.
Tak hanya itu, di depan para calon sarjana, Mukhlis juga membeberkan prestasi lain ditorehkan Dosen STISIP Mbojo Bima bahwa selama tiga tahun terakhir telah memenangkan hibah buku ajar perguruan tinggi dengan mengalahkan dosen-dosen hebat dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh indonesia. "Alhamndulillah prestasi-prestasi yang ditorehkan para dosen STISIP Mbojo tentu menjadi motivasi utama bagi bagi generasi bangsa terutama sekali yang mengemban ilmu di lembaga kampus STISIP Mbojo Bima," sebutnya.

Menurutnya, berbagai prestasi ditorehkan STISIP Mbojo Bima, bukan hanya membanggakan bagi mahasiswa saja. Akan tetapi membanggakan bagi orang tua mahasiswa juga Pemerintah di Kota dan Kabupaten Bima. Karena tanpa dukungan orang tua mahasiswa dan pemerintah maka dunia pendidikan tidak akan berjalan dengan baik. Secara khusus, sebagai Ketua Lembaga STISIP Mbojo Bima pihaknya berharap pada para wisudawan agar ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan, maka tidak menjadi bagian dari masalah baru. "Tapi sebagai lulusan perguruan tinggi yang merupakan cendekiawan sudah seharusnya ikut serta dalam menyelesaikan persolan itu. Serta menjunjung tinggi nilai kejujuran, kebenaran serta nilai keadilan," pesannya.

Sementara, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan STISIP Mbojo Bima, Drs. H. Muhtar Yasin, M. AP, menyampaikan bahwa wisuda bagi setiap perguruan tinggi merupakan serimoni menandai berakhirnya sebuah proses pendidikan. Dengan demikian wisuda tersebut sebuah bentuk pertanggungjawaban penyelenggara kepada masyarakat dan pemerintah. "Meski demikian saya mengajak, mari maknai wisuda ini bukan hanya bersifat serimonial belaka. Akan tetapi sebagai tanda atas keberhasilan seseorang dalam meraih gelar akademik. Dan ini langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya," tuturnya.

Dihadapan ratusan wisudawan, Mukhtar juga  berpesan setelah meninggalkan dunia akademik, tentu akan mengahadapi kehidupan bermasyarakat yang lebih luas, sekaligus menghadapi tantangan yang semakin berat. Artinya para wisudawan tidak hanya mengandalkan Ijazah belaka, akan tetapi kompetensi dari perolehan Ijazah tersebut harus dikembangkan melalui peningkatan kemampuan dan ketrampilan diri secara kreatif dan inovatif. "Sebagai pengurus yayasan yang menyelenggarakan STISIP Mbojo Bima, kami sangat menyadari bahwa mutu akademik hanya bisa dicapai apabila terus mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk itu kami berkomitmen penuh untuk terus mengupayakan pengembangan dan penyempurnaan belajar di lembaga STISIP Mbojo Bima ini." ujarnya

Diakhir sambutannya, atas nama pribadi sebagai pengurus yayasan pembina pendidikan STISIP Mbojo Bima pihaknya menyampaikan penghargaan setinggi tingginya dan ucapan terimakasih kepada Ketua STISIP Mbojo Bima serta seluruh jajarannya yang mengerahkan tenaga dan pikirannya sehingga menghasilkan prestasi-prestasi serta alumni yang mempunyai daya saing tinggi dan nantinya dapat membawa nama harum serta meningkatkan citra almamater STISIP Mbojo Bima. "Saya berharap dan berpesan serta menekankan beberapa hal penting, teruatama pada para wisudawan dan wisudawati, amalkan kepandaian dan ilmu yang saudara miliki sejalan dengan keimanan. Karena ini sangat penting untuk menjadi perhatian, agar saudara-saudara dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan baik didunia maupun diakhirat nanti. Dan jangan pernah puas akan gelar yang ada sekarang akan tetapi kembangkanlah untuk menggalih bagi kejayaan bangsa dan negara ini. Serta jagalah nama baik lembaga STISIP Mbojo Bima untuk tetap berkarya dalam menoreh prestasi demi kebanggaan almamater STISIP Mbojo Bima," pesan Mukhtar Yasin sembari mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan STISIP Mbojo Bima menggelar wisuda dua kali dalam tahun 2018 ini. (GA. 355*)
×
Berita Terbaru Update